Benjolan seperti Jerawat di Areola: Apa yang Harus Dilakukan?

Benjolan Seperti Jerawat Di Areola: Apa Yang Harus Dilakukan?
Source: bing.com

Benjolan seperti jerawat yang muncul di areola payudara adalah masalah yang sering terjadi. Kondisi ini bisa menjadi sumber kecemasan bagi wanita karena mereka mungkin tidak tahu penyebabnya. Namun, sebagian besar benjolan yang terlihat seperti jerawat di sekitar areola payudara biasanya tidak berbahaya. Namun, jika Anda menemukan benjolan di sekitar payudara, sebaiknya tetap berhati-hati dan segera menghubungi dokter Anda untuk pemeriksaan lanjutan.

Beberapa benjolan di areola payudara adalah normal dan wajar. Sebagian besar benjolan di area tersebut disebabkan oleh aliran darah yang meningkat. Gejala ini biasanya terlihat pada wanita yang sedang hamil atau yang sedang menyusui. Benjolan tersebut biasanya akan hilang setelah bayi lahir atau setelah ibu berhenti menyusui.

Benjolan lainnya dapat disebabkan oleh cyst alami atau lipoma. Kondisi ini juga biasanya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan lain. Namun, benjolan cyst alami atau lipoma dapat membesar dan menyebabkan rasa sakit atau perasaan tidak nyaman. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter karena dapat diindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius.

Selain cyst alami atau lipoma, benjolan yang terlihat seperti jerawat di areola juga bisa disebabkan oleh tumor. Kondisi ini biasanya lebih serius dan memerlukan penanganan khusus. Jika benjolan Anda tidak hilang dalam waktu yang lama, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ketika Anda memeriksakan benjolan seperti jerawat di areola, dokter mungkin akan mengambil sampel jaringan atau menggunakan ultrasound untuk mengetahui jenis benjolan. Sebelum melakukan tes ini, dokter mungkin juga akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan apakah benjolan itu benar-benar sebuah tumor.

Jika benjolan itu disebabkan oleh tumor, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan atau menggunakan prosedur operasi untuk menghilangkan benjolan. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran tumor ke bagian tubuh lain. Jika Anda mengalami benjolan di sekitar areola, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:  Cara Ngilangin Jerawat alami

Selain tumor, benjolan yang terlihat seperti jerawat di areola juga bisa disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini bisa menyebabkan peradangan dan gatal-gatal di payudara. Hal ini disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus yang berkembang di area tersebut. Jika Anda mengalami benjolan di sekitar areola, periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Meskipun benjolan di sekitar areola payudara biasanya tidak berbahaya, ada baiknya tetap berhati-hati. Jika Anda menemukan benjolan yang terlihat seperti jerawat di sekitar payudara, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan menentukan penyebab benjolan dan mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan kondisi pada saat itu.

Kesimpulan

Benjolan seperti jerawat yang muncul di areola payudara adalah masalah yang sering terjadi. Sebagian besar benjolan yang terlihat seperti jerawat di sekitar areola payudara biasanya tidak berbahaya. Namun, jika Anda menemukan benjolan di sekitar payudara, sebaiknya tetap berhati-hati dan segera menghubungi dokter Anda untuk pemeriksaan lanjutan. Dokter akan menentukan penyebab benjolan dan mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan kondisi pada saat itu.

VideoBenjolan seperti Jerawat di Areola: Apa yang Harus Dilakukan?