Kenali Benjolan Kecil yang Terlihat Seperti Jerawat di Kemaluan

Kenali Benjolan Kecil Yang Terlihat Seperti Jerawat Di Kemaluan
Source: bing.com

Kemaluan adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kulit, termasuk benjolan kecil yang seringkali dianggap sebagai jerawat. Benjolan kecil di kemaluan dapat menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, terutama ketika Anda berpakaian atau berhubungan seks. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab, gejala, dan cara mengatasi benjolan kecil yang terlihat seperti jerawat di kemaluan, mari simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Benjolan Kecil di Kemaluan?

Benjolan kecil di kemaluan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Gejala yang paling umum meliputi benjolan kecil, bintik merah, kemerahan, gatal, dan rasa sakit. Benjolan kecil di kemaluan dapat disebabkan oleh berbagai keadaan, termasuk infeksi jamur, infeksi bakteri, kutil, herpes, dan kondiloma akuminata. Benjolan kecil yang berdarah, bengkak, dan berwarna merah muda juga dapat menandakan infeksi bakteri.

Apa yang Menyebabkan Benjolan Kecil di Kemaluan?

Penyebab utama benjolan kecil di kemaluan adalah infeksi jamur atau bakteri. Infeksi jamur disebabkan oleh jamur Candida albicans yang biasanya ditemukan di kulit, rongga mulut, dan saluran pencernaan. Infeksi bakteri disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang biasanya ditemukan di kulit. Infeksi jamur dan bakteri ini dapat menyebabkan benjolan kecil di kemaluan, gatal, merah, dan bengkak.

Bagaimana Cara Mengenali Benjolan Kecil di Kemaluan?

Untuk mengenali benjolan kecil di kemaluan, Anda dapat melihatnya secara visual. Benjolan kecil tersebut biasanya berwarna merah muda atau putih, terkadang berdarah, dan terkadang juga bengkak. Benjolan kecil tersebut akan berubah warna menjadi kemerahan jika Anda menggaruknya atau menggosoknya. Jika Anda merasa sakit atau gatal di sekitar benjolan kecil tersebut, itu bisa menjadi tanda infeksi jamur atau bakteri.

BACA JUGA:  Kenapa Bokong Ada Jerawat?

Bagaimana Cara Mengatasi Benjolan Kecil di Kemaluan?

Untuk mengatasi benjolan kecil di kemaluan, Anda harus menemukan penyebabnya terlebih dahulu. Biasanya, benjolan kecil tersebut disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Jika benjolan kecil tersebut disebabkan oleh infeksi jamur, dokter akan meresepkan obat antijamur untuk mengatasinya. Jika benjolan kecil tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengatasinya.

Bagaimana Cara Mencegah Benjolan Kecil di Kemaluan?

Untuk mencegah benjolan kecil di kemaluan, Anda harus menjaga kebersihan alat kelamin Anda. Selain itu, pastikan Anda mengganti pakaian dalam Anda secara teratur dan mencuci pakaian dalam Anda dengan sabun antibakteri atau obat antijamur. Hindari menggunakan pembalut atau pakaian dalam yang terlalu ketat, dan jangan gunakan sabun yang mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi kulit Anda. Juga hindari berhubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang Anda tidak percaya.

Apa Saja Gejala Benjolan Kecil di Kemaluan?

Beberapa gejala benjolan kecil di kemaluan meliputi benjolan kecil, bintik merah, kemerahan, gatal, dan rasa sakit. Benjolan kecil yang berdarah, bengkak, dan berwarna merah muda juga dapat menandakan infeksi bakteri. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda memiliki benjolan kecil di kemaluan yang disertai gejala-gejala seperti gatal, rasa sakit, bintik merah, atau kemerahan, segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menyarankan pemeriksaan laboratorium untuk menentukan penyebab benjolan kecil tersebut. Setelah penyebab benjolan kecil tersebut diketahui, dokter akan meresepkan pengobatan yang tepat.

Kesimpulan

Benjolan kecil di kemaluan dapat disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Benjolan kecil tersebut biasanya berwarna merah muda atau putih, dan dapat disertai gejala seperti gatal, rasa sakit, bintik merah, atau kemerahan. Untuk mengatasi benjolan kecil di kemaluan, Anda harus menemukan penyebabnya terlebih dahulu. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

BACA JUGA:  Tips Menghindari Jerawat

VideoKenali Benjolan Kecil yang Terlihat Seperti Jerawat di Kemaluan