Kenali Penyebab Benjolan di Wajah yang Bukan Jerawat

Kenali Penyebab Benjolan Di Wajah Yang Bukan Jerawat
Source: bing.com

Jerawat memang menjadi masalah kulit yang membuat wajah terlihat tidak menarik. Namun, jangan asal menganggap benjolan yang ada di wajah Anda adalah jerawat. Karena, ada banyak penyebab lain yang dapat menyebabkan benjolan di wajah. Berikut ini adalah beberapa penyebab benjolan di wajah yang bukan jerawat.

Fibroma Pendula

Fibroma pendula adalah jenis benjolan yang berbentuk kantung dan terletak di permukaan kulit. Benjolan ini biasanya berwarna merah muda atau putih dan berdiameter sekitar 0,5 hingga 1 cm. Benjolan ini terbentuk dari jaringan ikat, yang bisa menyebabkan kulit menebal dan berkerut. Fibroma pendula biasanya tidak menyebabkan rasa sakit atau gatal. Namun, benjolan ini dapat menjadi lebih besar dan memerlukan pengobatan.

Fibrous Papule

Fibrous papule adalah benjolan yang biasanya terletak di sekitar daerah hidung. Benjolan ini berbentuk bulat atau oval dan berwarna merah muda atau putih. Fibrous papule tidak menyebabkan rasa sakit atau gatal, namun benjolan ini dapat menjadi lebih besar. Fibrous papule dapat dihilangkan dengan laser atau pembedahan.

Lipoma

Lipoma adalah benjolan yang terdiri dari jaringan lemak. Benjolan ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk di wajah. Lipoma berbentuk bulat atau oval dan berwarna kuning. Lipoma biasanya tidak menyebabkan rasa sakit atau gatal, namun dapat menjadi lebih besar dan memerlukan pengobatan.

Cyst Sebaceous

Cyst sebaceous adalah benjolan yang terbentuk dari kelenjar sebasea. Benjolan ini berbentuk bulat, berisi cairan kental dan biasanya berwarna kuning. Cyst sebaceous bisa menyebabkan rasa sakit atau gatal, namun biasanya tidak memerlukan pengobatan. Cyst sebaceous dapat dihilangkan dengan pembedahan.

BACA JUGA:  Minuman Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Keloid

Keloid adalah benjolan yang terbentuk dari jaringan ikat. Benjolan ini berwarna kemerahan dan dapat menjadi lebih besar. Keloid biasanya tidak menyebabkan rasa sakit atau gatal, namun dapat menyebabkan masalah estetika. Keloid dapat dihilangkan dengan laser atau pembedahan.

Xanthelasma

Xanthelasma adalah benjolan yang terbentuk dari lapisan lemak di bawah kulit. Benjolan ini berbentuk bulat, berwarna putih atau kuning dan biasanya terletak di sekitar daerah mata. Xanthelasma tidak menyebabkan rasa sakit atau gatal, namun dapat dihilangkan dengan laser atau krim.

Kondiloma Akuminata

Kondiloma akuminata adalah jenis benjolan yang disebabkan oleh virus HPV. Benjolan ini berbentuk bulat, berwarna kemerahan dan biasanya terletak di daerah bibir atau leher. Kondiloma akuminata dapat menyebabkan rasa sakit atau gatal, namun biasanya tidak memerlukan pengobatan. Kondiloma akuminata dapat dihilangkan dengan laser atau krim.

Benign Tumor Lainnya

Selain penyebab di atas, ada juga beberapa jenis tumor yang tidak berbahaya yang dapat menyebabkan benjolan di wajah. Beberapa contohnya adalah adenoma sebaceum, neurofibroma, hemangioma, dan lain-lain. Benign tumor biasanya tidak menyebabkan rasa sakit atau gatal, namun dapat memerlukan pengobatan.

Kesimpulan

Benjolan di wajah yang bukan jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari fibroma pendula, cyst sebaceous, lipoma, keloid, xanthelasma, dan kondiloma akuminata. Beberapa benjolan di wajah tidak memerlukan pengobatan, sementara yang lain memerlukan pengobatan untuk menghilangkannya. Jadi, jika Anda menemukan benjolan di wajah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

VideoKenali Penyebab Benjolan di Wajah yang Bukan Jerawat