Bekas Jerawat Merah Hilang Berapa Lama?

Bekas Jerawat Merah Hilang Berapa Lama?
Source: bing.com

Banyak yang beranggapan bahwa sebagian besar masalah kulit yang terkait dengan jerawat bisa hilang dengan sendirinya, termasuk bekas jerawat merah. Namun, tidak semua orang mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Yang jelas, bekas jerawat merah harus hilang sebelum kamu bisa merasa nyaman mengenakan make-up. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat merah.

Apa itu Bekas Jerawat Merah?

Bekas jerawat merah adalah sisa-sisa yang ditinggalkan oleh jerawat. Meskipun jerawat sudah hilang, bekas jerawat merah masih bisa tertinggal dan berupa bintik-bintik merah di wajah. Biasanya, bekas jerawat merah ini akan menghilang dengan sendirinya. Namun, kadang-kadang kamu harus berusaha lebih keras untuk menghilangkannya.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Lama Hilangnya Bekas Jerawat Merah

Beberapa faktor yang berperan penting dalam menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat merah, di antaranya adalah:

  • Tingkat keparahan jerawat
  • Jenis kulit
  • Usia
  • Pola hidup dan pola makan
  • Penggunaan produk kosmetik dan perawatan kulit yang salah

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Merah

Regimen perawatan kulit yang baik dan tepat memiliki peran penting dalam mengurangi bekas jerawat merah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bekas jerawat merah:

  • Menggunakan pelembab wajah yang mengandung bahan-bahan seperti ekstrak aloe vera, squalane, dan gliserin, yang akan membantu melembabkan wajah dan mengurangi bekas jerawat merah
  • Menggunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, dan vitamin C, yang akan membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi bekas jerawat merah
  • Menggunakan peeling kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu mengurangi bekas jerawat merah
  • Mengurangi paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dan topi untuk melindungi wajah dari sinar UV yang bisa menyebabkan bekas jerawat merah menjadi lebih parah
  • Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan mengurangi makanan yang bisa menyebabkan jerawat
BACA JUGA:  Pencuci Muka Anti Jerawat, Bagaimana Cara Memilihnya?

Berapa Lama Bekas Jerawat Merah Hilang?

Durasi waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat merah bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, secara umum, durasi waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas jerawat merah berkisar antara 3-4 minggu. Meski demikian, kamu juga bisa melakukan berbagai cara yang telah disebutkan di atas untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi bekas jerawat merah.

Kesimpulan

Bekas jerawat merah memang tidak menyenangkan. Namun, dengan mengetahui durasi waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkannya, serta dengan melakukan berbagai cara yang telah disebutkan di atas, kamu bisa membantu proses penyembuhan bekas jerawat merah lebih cepat. Jadi, jangan biarkan bekas jerawat merah menghalangi rasa percaya diri kamu.

VideoBekas Jerawat Merah Hilang Berapa Lama?