Benjolan Keras Akibat Bekas Jerawat

Benjolan Keras Akibat Bekas Jerawat
Source: bing.com

Apa itu Bekas Jerawat?

Bekas jerawat adalah tanda yang muncul setelah jerawat sembuh. Bekas jerawat bisa berupa bintik hitam, bintik putih, atau bekas luka berwarna coklat. Bintik hitam dan putih disebabkan oleh akumulasi sebum di dalam pori-pori kulit. Bekas luka berwarna coklat disebabkan oleh radikal bebas yang merusak kulit.

Apa yang Menyebabkan Benjolan Keras Akibat Bekas Jerawat?

Benjolan keras akibat bekas jerawat bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, bisa jadi disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada kulit. Tekanan ini bisa didapat dari tindakan berlebihan dalam menggosok atau membersihkan kulit. Kedua, benjolan keras akibat bekas jerawat bisa disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam bekas jerawat.

Cara Mengatasi Benjolan Keras Akibat Bekas Jerawat

Untuk mengatasi benjolan keras akibat bekas jerawat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, kulit harus dibiarkan bernapas dengan memakai pakaian yang nyaman. Kedua, kulit harus dijaga agar tetap lembab dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Ketiga, hindari tindakan berlebihan dalam membersihkan kulit. Keempat, gunakan masker atau scrub wajah secara teratur untuk membantu membersihkan pori-pori kulit.

Cara Alami untuk Mengatasi Benjolan Keras Akibat Bekas Jerawat

Selain menggunakan cara yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan cara-cara alami untuk menghilangkan benjolan keras akibat bekas jerawat. Misalnya, Anda bisa menggunakan air lemon, air jeruk nipis, dan madu untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara lain untuk menghilangkan benjolan keras akibat bekas jerawat adalah dengan menggunakan aloe vera. Aloe vera memiliki sifat antiinflamasi dan antijamur yang dapat membantu menghilangkan benjolan keras akibat bekas jerawat.

BACA JUGA:  Bakteri Jerawat, Apa yang Harus Kita Ketahui?

Cara Perawatan untuk Mencegah Benjolan Keras Akibat Bekas Jerawat

Selain menggunakan cara-cara di atas untuk mengatasi benjolan keras akibat bekas jerawat, Anda juga bisa melakukan perawatan sehari-hari agar benjolan keras akibat bekas jerawat tidak terulang. Pertama, selalu konsumsi makanan bergizi dan makanan yang rendah lemak. Kedua, hindari dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Ketiga, gunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit. Keempat, hindari merokok dan minuman beralkohol. Kelima, rutin berolahraga untuk mempertahankan kesehatan kulit.

Cara Medis untuk Mengatasi Benjolan Keras Akibat Bekas Jerawat

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara medis untuk mengatasi benjolan keras akibat bekas jerawat. Cara medis yang bisa dilakukan diantaranya dengan melakukan peeling kimia, laser, atau mikrodermabrasi. Pemilihan cara medis ini biasanya akan ditentukan oleh dokter kulit sesuai kondisi kulit Anda. Sebelum melakukan cara medis, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan saran yang tepat.

Kesimpulan

Bekas jerawat yang menyebabkan benjolan keras bisa dihilangkan dengan menggunakan cara alami atau cara medis. Cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air lemon, air jeruk nipis, madu, dan aloe vera. Sedangkan cara medisnya adalah dengan melakukan peeling kimia, laser, atau mikrodermabrasi. Selain itu, untuk mencegah benjolan keras akibat bekas jerawat, Anda juga perlu melakukan perawatan sehari-hari seperti menjaga pola makan, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan rutin berolahraga.

VideoBenjolan Keras Akibat Bekas Jerawat