Begadang Bisa Menyebabkan Jerawat

Begadang Bisa Menyebabkan Jerawat
Source: bing.com

Begadang adalah suatu kondisi di mana Anda tidak mempunyai waktu tidur yang cukup dan mengalami kurang tidur. Kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk jerawat. Namun, jenis jerawat yang disebabkan oleh begadang adalah berbeda dari jerawat yang disebabkan oleh kondisi lain.

Kulit kita terdiri dari lapisan gandum berminyak yang disebut sebum. Sebagian besar jerawat disebabkan oleh produksi sebum berlebihan yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Namun, begadang dapat memperburuk masalah ini. Ketika kita begadang, hormon stres kortisol meningkat dan menyebabkan bertambahnya produksi sebum. Hal ini menyebabkan jerawat berminyak dan berminyak yang disebut sebagai jerawat kortisol.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang jarang tidur atau begadang mungkin mengalami masalah kulit yang lebih parah daripada orang yang mendapatkan cukup tidur. Pada tahun 2017, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Kesehatan Kulit dan Isi Tubuh menunjukkan bahwa kemungkinan jerawat pada orang yang begadang lebih tinggi daripada orang yang tidur cukup. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa begadang akan menyebabkan produksi hormon stres kortisol yang berlebihan.

Kebiasaan begadang dapat menyebabkan masalah kulit lainnya selain jerawat. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Kesehatan Kulit dan Isi Tubuh menunjukkan bahwa orang yang begadang mungkin mengalami masalah kulit seperti tanda penuaan yang lebih buruk, kulit kering, iritasi, dan peradangan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kelelahan dan pola tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk mencegah masalah kulit akibat begadang, penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Tidur selama tujuh hingga delapan jam per malam adalah ideal. Jangan begadang dan cobalah tidur pada waktu yang sama setiap malam. Juga, pastikan untuk melakukan pembersihan wajah yang tepat untuk membantu menghilangkan kotoran dan sebum yang tersumbat di pori-pori.

BACA JUGA:  Detox untuk Jerawat, Solusi Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat

Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mencegah masalah kulit akibat begadang adalah menjaga pola makan sehat. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran. Ini akan membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Juga, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula, karena dapat memperburuk masalah kulit.

Juga, pastikan untuk minum cukup air dan menghindari alkohol dan rokok. Minum banyak air akan membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran di pori-pori Anda dan membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit Anda. Alkohol dan rokok dapat memperburuk masalah kulit dan menyebabkan kulit kering.

Kesimpulan

Kebiasaan begadang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Untuk mencegah masalah kulit akibat begadang, penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan menjaga pola makan sehat. Juga, pastikan untuk minum cukup air dan menghindari alkohol dan rokok. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu mencegah berbagai masalah kulit akibat begadang.

VideoBegadang Bisa Menyebabkan Jerawat