Begadang Bikin Jerawat?

Begadang Bikin Jerawat?
Source: bing.com

Kebanyakan orang pasti pernah begadang. Baik karena mau mengerjakan tugas kuliah, bekerja atau hanya untuk menonton film. Begitu nyamannya saat kita menjelang tidur sambil menonton film, bahkan bisa mengantuk. Namun, seperti yang kita tahu, begadang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Bahkan, bisa menyebabkan jerawat. Lalu, benarkah begadang bikin jerawat?

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah bentuk infeksi ringan yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan komedo atau komedoan (bumi berminyak). Komedo berupa bintik putih atau hitam yang terletak di permukaan kulit. Komedo bisa membesar dan menyebabkan jerawat. Kebanyakan orang berusia 15 tahun hingga 24 tahun yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat lebih rentan terhadap jerawat.

Faktor Penyebab Jerawat

Kebanyakan orang mengatakan bahwa begadang bisa menyebabkan jerawat. Namun, begadang hanyalah salah satu dari banyak faktor penyebab jerawat. Faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat adalah kulit berminyak, kurangnya perawatan kulit, stress, alergi, dan bahkan produk kosmetik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan berlemak atau berminyak dan makanan yang tinggi karbohidrat juga mungkin menyebabkan jerawat.

Bagaimana Begadang Bisa Menyebabkan Jerawat?

Ketika kita begadang, tubuh kita mengalami stres. Ini karena tubuh kita tidak mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat dan meregenerasi. Selain itu, begadang juga bisa menyebabkan kurangnya oksigen di kulit, yang menyebabkan bakteri berkembang. Bakteri ini kemudian akan menyebabkan infeksi dan pembentukan komedo. Selain itu, begadang juga bisa menyebabkan stres, yang dapat meningkatkan produksi sebum, yang berfungsi untuk melindungi kulit. Namun, jika terlalu banyak sebum, maka akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Kenapa di Kemaluan Ada Benjolan Seperti Jerawat?

Cara Mencegah Jerawat akibat Begadang

Untuk mencegah jerawat akibat begadang, Anda harus memberikan tubuh Anda waktu untuk beristirahat dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan tidur minimal 8 jam sehari. Jika Anda tidak bisa mendapatkan tidur yang cukup, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk mengurangi risiko jerawat:

  • Menghindari kafein dan alkohol
  • Mengurangi jumlah makanan berlemak dan berminyak
  • Menjaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah secara rutin dan menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda
  • Menghindari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya
  • Mengurangi stres dengan berolahraga, meditasi, atau yoga

Mengobati Jerawat

Jika Anda sudah mengalami jerawat, maka Anda bisa mengobatinya dengan obat atau produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga bisa mengunjungi dokter kulit untuk mengetahui pengobatan yang tepat. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat adalah obat antimikroba, obat antiinflamasi, retinoid, dan bahan aktif lainnya.

Kesimpulan

Begadang bisa menyebabkan jerawat. Hal ini dikarenakan begadang menyebabkan stres, kurangnya oksigen, dan peningkatan produksi sebum. Untuk mencegah jerawat akibat begadang, Anda harus memberikan waktu untuk beristirahat, menghindari makanan berlemak dan berminyak, menjaga kebersihan wajah dan mengurangi stres. Jika Anda sudah mengalami jerawat, Anda bisa mengobatinya dengan obat atau produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

VideoBegadang Bikin Jerawat?