Bedanya Bisul dan Jerawat

 Bedanya Bisul Dan Jerawat
Source: bing.com

Ketika kita mengambil cuci muka di salah satu salon kecantikan, kita pasti akan mendengar dua istilah yang sering diucapkan yaitu bisul dan jerawat. Kedua istilah tersebut sering dibingungkan oleh orang awam, meskipun secara medis, keduanya memiliki perbedaan yang jelas.

Apa Itu Bisul?

Bisul adalah jenis kondisi kulit yang dapat terlihat seperti benjolan di lapisan kulit atas. Benjolan ini dapat mengandung nanah dan akan meradang jika diperas. Bisul biasanya terlihat sebagai bintik kemerahan yang bisa disertai rasa sakit. Lebih sering, bisul terjadi karena kulit terpapar dengan lemak atau bahan kimia yang berbahaya.

Apa Itu Jerawat?

Jerawat adalah kondisi kulit yang terdiri dari beberapa lesi jenis lain. Terutama, jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Pori-pori tersumbat dapat berisi minyak, kotoran, atau bahkan bakteri. Sebagai hasilnya, kulit Anda akan meradang dan menyebabkan jerawat.

Perbedaan Bisul dan Jerawat

Meskipun keduanya adalah jenis kondisi kulit, bisul dan jerawat memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan utama antara bisul dan jerawat adalah bahwa bisul dapat mengandung nanah dan terasa sakit saat disentuh, sementara jerawat tidak. Selain itu, bisul terjadi karena kulit terpapar dengan bahan kimia yang berbahaya, sedangkan jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat.

Gejala-gejala Bisul dan Jerawat

Gejala bisul dan jerawat juga berbeda. Umumnya, bisul akan menyebabkan benjolan yang meradang di kulit. Benjolan ini dapat mengandung nanah dan dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal ketika disentuh. Sedangkan jerawat biasanya terlihat sebagai bintik-bintik merah yang berisi nanah atau bintik putih yang disebut komedo. Gejalanya tidak begitu sakit namun dapat menyebabkan rasa gatal dan iritasi.

BACA JUGA:  Serum Jerawat yang Bagus dan Murah

Cara Mengobati Bisul dan Jerawat

Cara pengobatan bisul dan jerawat juga berbeda. Bisul biasanya dapat disembuhkan dengan menggunakan obat antibiotik atau salep. Selain itu, obat antimikroba juga dapat digunakan untuk mengobati bisul.Sedangkan jerawat biasanya dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan topikal seperti salep, krim, atau gel. Selain itu, pembersihan wajah secara teratur juga dapat membantu mengatasi jerawat.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Kebanyakan orang dapat mengatasi bisul dan jerawat dengan melakukan perawatan rumahan. Namun, jika gejala kondisi kulit ini tidak mereda dalam jangka waktu tertentu, Anda harus segera mengunjungi dokter. Dokter akan dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Kesimpulan

Ketika kita mengambil cuci muka di salon kecantikan, kita pasti akan mendengar dua istilah yang sering diucapkan yaitu bisul dan jerawat. Kedua istilah tersebut sering dibingungkan oleh orang awam, meskipun secara medis, keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Bisul adalah jenis kondisi kulit yang dapat terlihat seperti benjolan di lapisan kulit atas, sedangkan jerawat adalah kondisi kulit yang terdiri dari beberapa lesi jenis lain. Kebanyakan orang dapat mengatasi bisul dan jerawat dengan melakukan perawatan rumahan. Namun, jika gejala kondisi kulit ini tidak mereda dalam jangka waktu tertentu, Anda harus segera mengunjungi dokter.

VideoBedanya Bisul dan Jerawat