Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat

Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dialami orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menyebabkan perasaan malu dan kurang percaya diri. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat, mulai dari produk kosmetik hingga obat-obatan. Selain itu, bawang putih juga dipercaya bisa membantu untuk menyembuhkan jerawat.

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bisa dimakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat. Dengan banyaknya kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat dalam bawang putih, maka dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit yang menyebabkan jerawat.

Kandungan anti bakteri dan antijamur yang terdapat dalam bawang putih juga bisa membantu untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan sulfur yang ada dalam bawang putih juga bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Hal ini membuat kulit menjadi lebih halus dan mulus.

Tidak hanya untuk mengatasi jerawat, bawang putih juga bisa membantu untuk mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam bawang putih dapat membantu untuk mencegah kerusakan sel kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam bawang putih juga bisa membantu untuk meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit menjadi lebih lembut dan cerah.

Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih untuk jerawat, Anda bisa membuat ramuan dari bawang putih. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk satu buah bawang putih hingga halus. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut secara merata pada area wajah yang berjerawat. Biarkan ramuan tersebut meresap selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini secara rutin setiap hari sampai jerawat hilang.

BACA JUGA:  Manfaat Sabun Cuci Muka Wardah untuk Jerawat

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak bawang putih untuk mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil satu sendok teh minyak bawang putih dan oleskan merata pada wajah yang berjerawat. Biarkan ramuan tersebut meresap selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini secara rutin setiap hari sampai jerawat hilang.

Selain dioleskan langsung pada wajah, Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai toner wajah. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuat ramuan dari bawang putih yang telah dihaluskan. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan campur hingga menjadi larutan. Oleskan ramuan tersebut ke wajah dengan kapas. Biarkan ramuan tersebut meresap selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan jerawat, Anda bisa menggunakan masker bawang putih. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk satu buah bawang putih hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan satu sendok makan air dan aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut ke wajah dengan lembut dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Anda bisa menggunakan masker ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bisa dimakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Dengan banyaknya kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat dalam bawang putih, maka dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit yang menyebabkan jerawat. Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi jerawat antara lain dengan menggunakan ramuan bawang putih, minyak bawang putih, dan masker bawang putih. Namun, pastikan untuk melakukan uji kulit terlebih dahulu untuk memastikan bahwa bawang putih benar-benar cocok untuk Anda.

BACA JUGA:  Jerawat Merupakan Gangguan Kulit yang Terjadi Pada

VideoManfaat Bawang Putih untuk Jerawat