Bawang Putih, Apakah Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?

Bawang Putih, Apakah Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang terkenal, yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Pada orang dewasa, jerawat dapat berupa bekas jerawat, yang dapat menyebabkan rasa malu. Jika Anda mencari cara untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda mungkin merasa tertarik untuk mencoba bawang putih. Tetapi, apakah bawang putih benar-benar dapat membantu Anda menghilangkan bekas jerawat?

Bawang putih adalah bumbu yang populer yang ditambahkan ke berbagai jenis masakan. Selain itu, bawang putih juga telah lama digunakan sebagai ramuan obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Bawang putih mengandung zat yang disebut allicin, yang merupakan senyawa aktif yang dapat menghilangkan bakteri dan jamur. Selain itu, bawang putih juga mengandung anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan jerawat.

Manfaat Bawang Putih untuk Mengurangi Bekas Jerawat

Karena bawang putih mengandung berbagai senyawa aktif, beberapa orang percaya bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Beberapa penelitian dalam jurnal dermatologi telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi bekas jerawat dengan cara mengurangi inflamasi dan meningkatkan penyembuhan kulit. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi pigmen yang disebabkan oleh jerawat, yang dapat membantu mengurangi bekasnya.

Selain itu, bawang putih juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cara menghilangkan sel kulit mati. Sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Dengan membersihkan sel kulit mati, bawang putih dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan mempercepat proses penyembuhan.

BACA JUGA:  Manfaat Cream Zaitun Untuk Jerawat

Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Mengurangi Bekas Jerawat

Untuk menggunakan bawang putih untuk mengurangi bekas jerawat, Anda bisa membuat masker bawang putih. Anda harus menghancurkan satu bawang putih dan menambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada area yang terkena jerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Anda harus melakukan prosedur ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Anda juga dapat menggunakan bawang putih secara topikal untuk mengurangi bekas jerawat. Anda hanya perlu memotong satu bawang putih dan mengoleskannya pada area yang terkena jerawat. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin. Anda harus melakukan prosedur ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Efek Samping Penggunaan Bawang Putih

Walaupun bawang putih dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, namun ada beberapa efek samping yang harus Anda pertimbangkan. Karena bawang putih dapat menimbulkan iritasi kulit, Anda harus menggunakannya dengan hati-hati. Jika Anda merasa iritasi atau gatal setelah menggunakan bawang putih, hentikan penggunaan dan hubungi dokter untuk saran medis.

Selain itu, bawang putih dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Jika Anda menggunakan bawang putih secara topikal, Anda harus menghindari kontak dengan mata Anda, karena bawang putih dapat menyebabkan iritasi dan bengkak di sekitar mata.

Kesimpulan

Bawang putih dapat membantu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan melawan bakteri dan jamur. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan bawang putih, karena bawang putih dapat menyebabkan iritasi kulit dan efek samping lainnya. Jika Anda ingin menggunakan bawang putih untuk menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk saran medis yang lebih baik.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Skincare

VideoBawang Putih, Apakah Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?