Kenapa Banyak Jerawat Sebelum Menstruasi?

Kenapa Banyak Jerawat Sebelum Menstruasi?
Source: bing.com

Sebelum menstruasi, banyak wanita akan mengalami banyak jerawat di wajah. Sebagian besar wanita mungkin sudah menyadarinya, dan mungkin juga sudah mencari penyebabnya. Namun, untuk mengerti mengapa banyak jerawat muncul sebelum menstruasi, kita perlu melihat beberapa faktor yang berperan.

Faktor Hormon

Faktor utama penyebab jerawat sebelum menstruasi adalah hormon. Sebagian besar wanita mengalami perubahan hormon sebelum menstruasi, yang dapat menyebabkan penumpukan minyak dan kulit menjadi kusam. Pada saat yang sama, minyak yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kadar hormon Anda juga akan berubah selama masa menstruasi. Saat kadar hormon tinggi, tubuh Anda dapat melepaskan lebih banyak minyak pada kulit. Ini akan menyebabkan jerawat juga. Kadar hormon yang berbeda juga dapat memicu pertumbuhan sel kulit yang cepat, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kurang sehat dan rentan terhadap jerawat.

Stres

Stres adalah faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat sebelum menstruasi. Saat stres berlebihan, tubuh Anda akan melepaskan hormon stres seperti kortisol. Hormon ini akan meningkatkan produksi minyak pada wajah Anda, yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi, untuk mengurangi jumlah jerawat sebelum menstruasi, penting untuk menjaga tingkat stres Anda rendah.

Polusi

Kebanyakan orang lupa bahwa polusi juga dapat menyebabkan jerawat. Polusi dapat mengumpulkan di wajah Anda, dan ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan jerawat. Jadi, jika Anda tinggal di daerah yang berpolusi tinggi, Anda harus rajin membasuh wajah Anda dengan sabun yang lembut untuk membersihkan kotoran dan polusi.

Makanan

Makanan yang Anda makan juga dapat menyebabkan jerawat sebelum menstruasi. Makanan yang berlemak dan berminyak dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah, dan ini dapat menyebabkan jerawat. Makanan yang kaya akan gula juga dapat menyebabkan jerawat. Jadi, penting untuk memastikan Anda makan makanan yang sehat dan tidak berlemak sebelum menstruasi.

BACA JUGA:  Krim Jerawat Batu: Cara Efektif Mengatasi Jerawat

Kebiasaan Kesehatan

Kebiasaan kesehatan juga dapat mempengaruhi jumlah jerawat yang Anda miliki sebelum menstruasi. Penting untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan sehat dengan rutin membersihkan wajah Anda. Juga, penting untuk minum banyak air untuk membantu membersihkan kulit Anda dari dalam. Olahraga juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu mencegah jerawat.

Perawatan Kulit

Perawatan kulit juga penting untuk mengurangi jumlah jerawat yang Anda miliki. Penting untuk memilih produk yang tepat untuk jenis kulit Anda. Juga, penting untuk memastikan Anda menggunakan produk yang tidak terlalu keras pada kulit Anda. Ini akan membantu mencegah iritasi dan jerawat.

Sarana Pengobatan

Jika Anda masih mengalami jerawat yang berlebihan sebelum menstruasi, ada beberapa cara untuk mengobati masalah ini. Anda dapat mencoba produk topikal seperti krim jerawat atau toner. Anda juga dapat meminta saran dokter tentang obat-obatan oral yang dapat membantu mengurangi jumlah jerawat.

Kesimpulan

Banyak jerawat sebelum menstruasi adalah masalah yang umum bagi banyak wanita. Faktor yang menyebabkan jerawat sebelum menstruasi adalah hormon, stres, polusi, makanan, dan kebiasaan kesehatan. Penting untuk melakukan perawatan kulit yang tepat dan menjaga kulit Anda tetap bersih agar tidak mengalami masalah jerawat. Jika masalah jerawat masih berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran pengobatan.

VideoKenapa Banyak Jerawat Sebelum Menstruasi?