Bahaya Obat Jerawat Roaccutane

Bahaya Obat Jerawat Roaccutane
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang banyak dihadapi oleh masyarakat. Beberapa cara telah dilakukan untuk mengatasi jerawat, salah satunya adalah dengan menggunakan obat jerawat Roaccutane. Walaupun Roaccutane dapat membantu mengatasi masalah jerawat, namun obat ini punya banyak efek samping yang berbahaya, sehingga harus diperhatikan dengan seksama. Berikut adalah bahaya obat jerawat Roaccutane.

Efek Samping Fisik

Roaccutane dapat menyebabkan efek samping fisik yang berbahaya. Salah satunya adalah rasa sakit di seluruh tubuh. Rasa sakit yang dialami bisa terjadi di beberapa bagian, seperti di punggung, lengan, dan kaki. Selain itu, juga dapat menyebabkan sakit kepala yang hebat. Seseorang yang menggunakan Roaccutane juga bisa mengalami masalah pada kulit, seperti iritasi, ruam, dan gatal. Akibatnya, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Efek Samping Psikologis

Efek samping psikologis yang diakibatkan oleh Roaccutane juga bisa berupa depresi atau kecemasan. Seorang yang menggunakan obat ini bisa mengalami perubahan mood secara drastis, seperti menjadi mudah tersinggung, mudah marah, dan mudah menangis. Selain itu, seseorang juga dapat mengalami gangguan konsentrasi. Roaccutane juga bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah insomnia.

Efek Samping Reproduksi

Efek samping Roaccutane terhadap reproduksi juga cukup berbahaya. Penggunaan obat ini menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi. Seseorang yang menggunakan Roaccutane dapat mengalami gangguan kesuburan, sehingga bisa menyebabkan masalah ketika ingin mendapatkan anak. Selain itu, Roaccutane juga dapat menyebabkan gangguan hormonal dan gangguan menstruasi pada wanita.

Konsumsi Alkohol

Komposisi Roaccutane mengandung alkohol, sehingga bisa menyebabkan ketergantungan alkohol. Penggunaan obat ini dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat berhenti mengonsumsi alkohol. Hal ini disebabkan karena tubuh sudah terbiasa dengan alkohol dan sulit untuk berhenti. Akibatnya, pengguna obat ini bisa mengalami masalah mental dan fisik yang serius.

BACA JUGA:  Staphylococcus Epidermidis, Penyebab Jerawat

Sindrom Makulopati

Sindrom Makulopati merupakan efek samping obat jerawat Roaccutane yang paling berbahaya. Penyakit ini menyebabkan kebutaan pada mata. Hal ini disebabkan karena Roaccutane menyebabkan pembuluh darah di dalam mata menyusut sehingga menyebabkan kerusakan pada retina. Gejala lainnya adalah menurunnya penglihatan dan merasa jengkel saat melihat cahaya.

Efek Samping Lainnya

Selain efek samping yang telah disebutkan di atas, ada beberapa efek samping lain yang bisa ditimbulkan oleh Roaccutane. Beberapa efek samping lainnya adalah penurunan berat badan yang drastis, masalah pencernaan, serta rasa sakit di tulang dan sendi. Selain itu, penggunaan obat ini juga bisa menyebabkan perubahan suara dan masalah pada hidung dan sinus.

Kesimpulan

Meskipun Roaccutane dapat membantu mengatasi masalah jerawat, namun penggunaan obat ini punya banyak efek samping yang berbahaya. Efek samping dari Roaccutane bisa berupa efek fisik, efek psikologis, efek reproduksi, ketergantungan alkohol, sindrom makulopati, serta efek samping lainnya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan Roaccutane, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

VideoBahaya Obat Jerawat Roaccutane