Cara Memudarkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Cara Memudarkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami
Source: bing.com

Ketika jerawat sudah hilang, masalahnya belum selesai. Bekas jerawat yang menyisakan warna hitam dan memerahkan kulit bisa menjadi masalah tersendiri. Ini karena kulit yang rusak akibat jerawat menjadi lebih rentan terhadap radikal bebas dan sinar UV. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena beberapa bahan alami dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Mengapa Bekas Jerawat Perlu Diperhatikan?

Bekas jerawat juga disebut post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) dan merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih setelah jerawat sembuh. Bekas jerawat dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap, bahkan jika jerawat hilang. Selain itu, bekas jerawat juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada kulit. Seiring waktu, bekas jerawat dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sensitif, dan kasar, atau bisa jadi kulit menjadi berminyak. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bekas jerawat dan mengatasi masalah ini.

Cara Memudarkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Ada berbagai cara untuk memudarkan bekas jerawat dengan bahan alami. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit:

1. Menggunakan lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi bekas jerawat. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon berfungsi sebagai eksfolian alami dan dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bekas jerawat. Selain itu, lemon juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Cara menggunakannya adalah dengan mengiris lemon dan mengambil sari buahnya. Oleskan sari lemon secara merata pada kulit dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air bersih.

BACA JUGA:  Efektifnya Menghilangkan Jerawat dengan Batu Es

2. Menggunakan madu

Madu adalah bahan alami yang dikenal karena khasiatnya yang luar biasa untuk kulit. Madu mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Cara menggunakannya adalah dengan membersihkan kulit terlebih dahulu, lalu oleskan madu ke seluruh wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

3. Menggunakan aloe vera

Aloe vera adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Aloe vera mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil sari aloe vera yang tersedia di pasaran, lalu oleskan secara merata pada kulit dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan kulit dengan air bersih.

4. Menggunakan masker bubur beras

Masker bubur beras juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Bubur beras mengandung enzim yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan juga mengandung vitamin B yang dapat membantu menenangkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan membuat bubur beras dengan air hangat, lalu oleskan secara merata pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

5. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan juga mengandung banyak vitamin yang dapat membantu menjaga kulit tetap lembap. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil minyak zaitun secukupnya dan oleskan secara merata pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

Kesimpulan

Kulit yang mengalami bekas jerawat membutuhkan perawatan yang tepat dan konsisten untuk membantu memudarkan bekas jerawat. Dengan menggunakan bahan alami seperti lemon, madu, aloe vera, masker bubur beras, dan minyak zaitun, kamu dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit.

BACA JUGA:  Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

VideoCara Memudarkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami