Apakah Tempe Menyebabkan Jerawat?

Apakah Tempe Menyebabkan Jerawat?
Source: bing.com

Ketika seseorang mengonsumsi tempe, ada yang bertanya-tanya apakah tempe menyebabkan jerawat. Jerawat adalah masalah kulit yang umum, dan beberapa orang menyalahkan makanan, terutama makanan berlemak dan berminyak, sebagai penyebab jerawat. Tempe, yang dibuat dari kedelai yang difermentasi, adalah makanan yang banyak digemari, khususnya di Asia, dan ada yang berpendapat bahwa makanan ini dapat menyebabkan jerawat. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa tempe tidak menyebabkan jerawat.

Ada bukti ilmiah yang mendukung kedua pendapat ini. Pada tahun 2009, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa lemak jenuh yang terkandung dalam tempe, seperti asam lemak palmitat, dapat merangsang produksi sebum, yaitu cairan yang menyebabkan kulit menjadi berminyak. Ini membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat, menyebabkan jerawat.

Namun, bukti lain juga menunjukkan bahwa kandungan protein tinggi dalam tempe dapat mengurangi risiko jerawat. Pada tahun 2014, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism menemukan bahwa konsumsi protein dari kedelai dapat mengurangi risiko jerawat. Selain itu, kedelai juga kaya akan antioksidan yang membantu membersihkan kulit dan membantu mencegah infeksi. Bahkan, ada bukti bahwa konsumsi tempe secara teratur dapat menurunkan risiko jerawat.

Meskipun ada bukti yang mendukung kedua pendapat, masih belum ada kesimpulan pasti mengenai masalah ini. Jadi, untuk menghindari jerawat, ada baiknya untuk menghindari makanan yang berlemak dan berminyak, termasuk tempe. Bagaimanapun, ada banyak manfaat dari konsumsi tempe, seperti kandungan nutrisi yang tinggi, jadi jika Anda ingin mengonsumsinya, Anda harus memantau kulit Anda secara teratur dan berhenti makan tempe jika Anda menemukan bahwa jerawat mulai muncul.

Seperti halnya makanan lainnya, tempe juga dapat menyebabkan alergi. Jadi, jika Anda memiliki reaksi alergi setelah mengonsumsi tempe, sebaiknya hentikan konsumsi tempe dan segera berkonsultasi dengan dokter. Jika Anda memiliki masalah jerawat, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan bantuan penanganan yang tepat.

Kesimpulan

Meskipun ada bukti yang mendukung bahwa tempe dapat menyebabkan jerawat, ada juga bukti yang mendukung bahwa tempe dapat mengurangi risiko jerawat. Jadi, untuk menghindari jerawat, ada baiknya untuk menghindari makanan yang berlemak dan berminyak, termasuk tempe. Namun, jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, Anda harus memantau kulit Anda secara teratur dan berhenti makan tempe jika Anda menemukan bahwa jerawat mulai muncul.

BACA JUGA:  Toner yang Bagus untuk Bruntusan dan Jerawat

VideoApakah Tempe Menyebabkan Jerawat?