Apakah Sabun Dettol Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Sabun Dettol Bisa Menghilangkan Jerawat?
Source: bing.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat berupa jerawat kecil atau jerawat berukuran besar yang dapat menimbulkan perasaan malu dan tidak nyaman pada penderitanya. Banyak orang yang berusaha mencari cara untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan berbagai macam produk kecantikan maupun produk perawatan kulit. Salah satu produk yang sering digunakan adalah sabun Dettol. Apakah sabun Dettol benar-benar dapat menghilangkan jerawat?

Apa Itu Sabun Dettol?

Sabun Dettol adalah sabun yang dikemas dalam kemasan berwarna hijau dan disebut juga sebagai “sabun antibakteri”. Sabun ini banyak digunakan untuk membersihkan kulit dan membunuh bakteri kulit yang dapat menyebabkan jerawat. Sabun Dettol juga dapat digunakan untuk membersihkan dan desinfeksi luka-luka lainnya. Ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap.

Manfaat Sabun Dettol Bagai Penghilang Jerawat

Sabun Dettol dapat berfungsi sebagai penghilang jerawat karena kandungan antibakterinya. Dengan menggunakan sabun ini secara teratur, maka bakteri penyebab jerawat dapat dibunuh dan kulit akan semakin bersih. Selain itu, sabun Dettol juga dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah, yang merupakan salah satu faktor penyebab jerawat. Namun, sabun Dettol tidak akan mampu menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh masalah hormon. Sabun Dettol juga tidak akan mampu menghilangkan jerawat yang sudah lama muncul.

Efek Samping Menggunakan Sabun Dettol

Walaupun sabun Dettol dapat membantu menghilangkan jerawat, namun penggunaannya juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Sabun ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jadi, sebaiknya jangan menggunakan sabun Dettol secara berlebihan. Sebaiknya gunakan sabun ini secara bijaksana dengan tidak terlalu sering.

BACA JUGA:  Vaksin Menyebabkan Jerawat?

Cara Menggunakan Sabun Dettol Untuk Menghilangkan Jerawat

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan sabun Dettol sebagai penghilang jerawat:

  • Basuh wajah dengan air hangat. Gunakan sabun Dettol untuk menyikat wajah dengan lembut. Jangan menggosok terlalu keras.
  • Bilas wajah dengan air bersih dan hangat. Lap wajah dengan kain yang bersih dan kering. Jangan gunakan handuk yang terlalu kasar.
  • Aplikasikan sabun Dettol pada jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.
  • Gunakan toner untuk mengembalikan keseimbangan pH pada kulit wajah. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya.

Kesimpulan

Sabun Dettol dapat digunakan sebagai penghilang jerawat jika digunakan dengan benar dan secara bijaksana. Ini karena sabun ini mengandung antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Namun, jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya sebelum menggunakan sabun ini, konsultasikan dulu dengan dokter kulit. Sabun Dettol juga dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering jika digunakan berlebihan, jadi sebaiknya gunakan sabun ini hanya secara teratur saja.

Kesimpulan

Sabun Dettol dapat digunakan sebagai penghilang jerawat jika digunakan dengan benar dan bijaksana. Namun, jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan sabun ini. Gunakan sabun ini secara teratur saja dan jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya.

VideoApakah Sabun Dettol Bisa Menghilangkan Jerawat?