Apakah Minuman Manis Menyebabkan Jerawat?

Apakah Minuman Manis Menyebabkan Jerawat?
Source: bing.com

Mungkin ada di antara kita yang mencurigai kalau minum minuman manis bisa menyebabkan jerawat. Apakah benar demikian? Ini akan kita bahas dalam artikel ini. Minuman manis seperti soda, jus buah, dan lainnya memang dianggap sebagai makanan atau minuman yang tidak sehat. Namun, apakah benar bisa menyebabkan jerawat?

Kandungan Gula yang Tinggi dalam Minuman Manis

Minuman manis mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Gula sendiri memang tidak baik bagi kulit dan dapat menyebabkan masalah kulit, termasuk jerawat. Gula dalam minuman manis akan menyebabkan produksi insulin yang lebih tinggi daripada yang normal. Ini akan menyebabkan produksi hormon androgen yang menyebabkan peningkatan produksi sebum di kulit. Sebum adalah cairan yang dibutuhkan kulit untuk melembapkan dan melindungi diri dari bakteri. Namun, jika kadar sebum terlalu banyak, justru akan menyebabkan iritasi pada kulit dan jerawat.

Penelitian yang Melihat Hubungan antara Minuman Manis dengan Jerawat

Penelitian yang dilakukan di tahun 2015 menunjukkan bahwa minum minuman manis dapat meningkatkan resiko masalah kulit, termasuk jerawat. Terutama untuk orang yang memiliki genetik yang lebih rentan terhadap jerawat. Namun, pada penelitian ini juga ditemukan bahwa minum minuman manis tidak selalu menyebabkan jerawat pada orang yang memiliki genetik yang lebih rentan. Hal ini berarti bahwa orang yang memiliki genetik yang lebih rentan akan lebih sensitif terhadap minuman manis.

Manfaat Mengurangi Minuman Manis

Meskipun hasil penelitian ini belum pasti, ada baiknya kita mengurangi konsumsi minuman manis. Karena, meskipun ada orang yang tidak terlalu terkena efek minuman manis, tetap saja minuman manis dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti kulit berminyak. Selain itu, minuman manis juga mengandung banyak kalori yang dapat menyebabkan kegemukan. Hal ini juga dapat menjadi faktor risiko masalah kulit, termasuk jerawat.

BACA JUGA:  Cream Jerawat Garnier: Penyelamat Kulitmu Dari Jerawat!

Meningkatkan Kebersihan Kulit dengan Perawatan Routine

Untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat, ada baiknya kita melakukan perawatan rutin. Cara termudah adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, menjaga kebersihan kulit juga bisa dilakukan dengan menjaga pola makan sehat, minum cukup air, dan beristirahat yang cukup.

Menghindari Faktor Risiko Lainnya

Selain minuman manis, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat. Faktor-faktor ini termasuk pola diet, stres, hormon, dan lingkungan. Untuk itu, kita harus menghindari faktor-faktor risiko lainnya agar kulit kita tetap sehat dan terhindar dari jerawat.

Kesimpulan

Meskipun minuman manis dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, terutama untuk orang yang memiliki genetik yang lebih rentan. Namun, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk itu, ada baiknya kita mengurangi konsumsi minuman manis dan melakukan perawatan rutin untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit, termasuk jerawat.

VideoApakah Minuman Manis Menyebabkan Jerawat?