Apakah Jerawat Keturunan?

Apakah Jerawat Keturunan?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah yang sangat umum di muka. Banyak orang mengira bahwa jerawat adalah keturunan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang jerawat sebelum Anda dapat mengetahui apakah jerawat adalah keturunan atau bukan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa yang menyebabkan jerawat dan apakah jerawat adalah keturunan.

Apa yang Menyebabkan Jerawat?

Kebanyakan orang percaya bahwa jerawat disebabkan oleh kekotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit. Namun, studi telah membuktikan bahwa ada beberapa faktor lain yang ikut berperan dalam menyebabkan jerawat. Faktor-faktor ini meliputi:

  • Genetika – Jerawat dapat diturunkan dari orang tua.
  • Hormon – Perubahan hormon dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat.
  • Penggunaan produk kulit – Produk kulit yang tidak sesuai dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.
  • Stres – Stres dapat memicu produksi hormon dan meningkatkan risiko jerawat.
  • Makanan – Makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam dapat meningkatkan risiko jerawat.

Ketika semua faktor ini berkombinasi, mereka dapat memicu jerawat pada kulit Anda. Namun, satu faktor yang harus dipertimbangkan adalah genetik. Apakah jerawat keturunan?

Apakah Jerawat Keturunan?

Studi telah menunjukkan bahwa risiko jerawat dapat diturunkan secara genetik. Jika salah satu orang tua Anda memiliki jerawat, Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk berjerawat. Ini karena genetika dapat memicu produksi minyak dan menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Selain itu, jerawat juga dapat menjadi lebih buruk dengan usia. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang berhubungan dengan usia. Ketika Anda menjelang usia 20 tahun, hormon Anda mungkin mulai meningkat dan menyebabkan jerawat. Namun, ini juga bisa disebabkan oleh keturunan.

BACA JUGA:  Cara Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat?

Meskipun jerawat dapat diturunkan secara genetik, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat. Cara-cara ini meliputi:

  • Menggunakan produk kulit yang sesuai – Pastikan untuk memilih produk kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Mengurangi stres – Cobalah untuk mengurangi stres Anda dengan melakukan kegiatan relaksasi seperti yoga dan meditasi.
  • Mengontrol asupan gula dan lemak – Makanan tinggi gula dan lemak dapat meningkatkan risiko jerawat. Cobalah untuk mengontrol asupan makanan Anda dan mengonsumsi makanan sehat.
  • Menjaga kebersihan wajah – Usahakan untuk membersihkan wajah Anda setiap hari dengan sabun wajah dan air hangat. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah Anda.
  • Mengontrol asupan minuman alkohol – Minuman alkohol dapat menyebabkan iritasi dan meningkatkan risiko jerawat.

Dengan mengikuti saran di atas, Anda dapat mencegah jerawat. Namun, jika Anda masih memiliki jerawat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran tentang obat jerawat yang tepat.

Kesimpulan

Jadi, apakah jerawat keturunan? Studi telah menunjukkan bahwa risiko jerawat dapat diturunkan secara genetik. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat memicu jerawat, seperti hormon, penggunaan produk kulit, stres, dan makanan. Untuk mencegah jerawat, Anda harus menggunakan produk kulit yang sesuai, mengurangi stres, menjaga kebersihan wajah, dan mengontrol asupan gula dan lemak. Jika Anda masih memiliki masalah jerawat, konsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

VideoApakah Jerawat Keturunan?