Apakah Jerawat Gatal Boleh Digaruk?

Apakah Jerawat Gatal Boleh Digaruk?
Source: bing.com

Jerawat gatal adalah masalah kulit yang mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Apakah benar kita boleh menggaruk jerawat gatal? Atau ada risiko yang tersembunyi? Berikut ini adalah jawabannya.

Apa itu Jerawat Gatal?

Jerawat gatal merupakan bentuk jerawat yang ditandai dengan ruam merah atau ruam yang gatal. Hal ini disebabkan oleh akumulasi sebum dan bakteri di kulit. Jerawat gatal tidak selalu disebabkan oleh masalah hormonal atau kondisi kulit tertentu. Seringkali, jerawat gatal disebabkan oleh kulit kering atau iritasi yang disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia atau obat-obatan.

Mengapa Jerawat Gatal?

Gatalnya jerawat disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi kulit. Kondisi kulit kering juga dapat menyebabkan rasa gatal. Jerawat gatal bisa terjadi di mana saja di tubuh, tetapi lebih sering terlihat di wajah, leher, dan punggung. Jerawat gatal dapat bertahan selama beberapa hari hingga seminggu.

Apa Dampak Dari Menggaruk Jerawat Gatal?

Menggaruk jerawat gatal dapat membuatnya semakin parah. Hal ini disebabkan oleh tangan yang kotor dan dapat menyebabkan infeksi sekunder. Menggaruk dapat membuat jerawat menjadi lebih merah dan gatal. Selain itu, menggaruk jerawat juga dapat meninggalkan bekas luka dan menyebabkan jerawat menjadi lebih parah.

Apa Saja Cara Mengatasi Jerawat Gatal Tanpa Menggaruk?

Ketika merasakan gatal, Anda harus mencoba mengontrol diri untuk tidak menggaruk. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat gatal tanpa menggaruk:

  • Gunakan produk kulit yang ringan dan tidak berminyak.
  • Cuci wajah Anda sekali hingga dua kali sehari dengan sabun wajah.
  • Bersihkan daerah yang berjerawat dengan air hangat dan sabun yang lembut.
  • Gunakan produk kulit yang mengandung anti-inflamasi atau anti-alergi.
  • Gunakan hidung yang tidak mengandung alkohol.
  • Gunakan masker wajah yang dapat menyerap minyak berlebih dan menenangkan kulit.
BACA JUGA:  Harga Clindamycin Salep untuk Jerawat

Apa Lagi yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Jerawat Gatal?

Beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat gatal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, melakukan olahraga secara teratur, dan menjaga agar Anda tetap terhidrasi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk kulit yang khusus untuk jerawat gatal. Produk tersebut dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan.

Seberapa Amankah Menggunakan Produk Jerawat Gatal?

Produk jerawat gatal umumnya aman untuk digunakan. Namun, ada juga beberapa produk yang mengandung bahan berbahaya, seperti alkohol, yang dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi. Oleh karena itu, sebelum menggunakan produk kulit, sebaiknya Anda membaca labelnya dengan hati-hati untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan berbahaya.

Apa Saja Penyebab Umum Jerawat Gatal?

Ada beberapa penyebab umum jerawat gatal, di antaranya: kulit kering, iritasi, alergi, cuaca ekstrim, bahan kimia, dan infeksi jamur. Penyebab lain jerawat gatal adalah penyakit autoimun, seperti psoriasis, dan penyakit kulit lainnya, seperti ekzema.

Kesimpulan

Meskipun menggaruk jerawat gatal dapat menghilangkan rasa gatal, namun hal ini dapat membuat jerawat semakin parah dan meninggalkan bekas luka. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari menggaruk jerawat gatal dan menggantinya dengan cara-cara lain seperti menggunakan produk kulit khusus jerawat gatal, makan makanan yang sehat, melakukan olahraga secara teratur, dan menjaga agar Anda tetap terhidrasi.

VideoApakah Jerawat Gatal Boleh Digaruk?