Apakah Jerawat Faktor Keturunan?

Apakah Jerawat Faktor Keturunan?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah yang paling umum di dunia. Setiap orang, dari bayi hingga orang dewasa, mungkin mengalami jerawat pada satu titik atau lainnya. Kebanyakan orang percaya bahwa jerawat disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi benarkah?

Sudah lama diketahui bahwa keturunan berperan penting dalam menentukan risiko seseorang terkena jerawat. Banyak orang memiliki orang tua atau saudara dekat yang menderita jerawat. Masalah ini dapat berlanjut di generasi berikutnya. Ini menawarkan kesempatan bagi para ahli untuk mempelajari faktor keturunan yang mungkin berperan dalam menentukan risiko jerawat.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa genetika memiliki peran penting dalam menentukan apakah seseorang cenderung memiliki jerawat atau tidak. Sebagian besar penelitian ini melibatkan pasien dengan jerawat parah. Namun, beberapa studi juga menunjukkan bahwa faktor keturunan berpengaruh pada orang yang menderita jerawat ringan. Ini menunjukkan bahwa faktor keturunan mungkin berperan penting dalam menentukan risiko jerawat.

Penelitian juga mengungkap bahwa ada beberapa gen yang berhubungan dengan jerawat. Salah satunya adalah gen yang disebut SLC2A9, yang terlibat dalam produksi hormon androgen. Ini adalah hormon yang berperan dalam proses produksi minyak pada kulit. Gen ini juga dapat memengaruhi sensitivitas kulit terhadap hormon androgen. Ini berarti bahwa orang yang memiliki versi gen yang berbeda dari SLC2A9 mungkin lebih rentan terhadap jerawat.

Selain gen SLC2A9, beberapa gen lainnya telah ditemukan yang berhubungan dengan jerawat. Beberapa di antaranya terlibat dalam proses produksi minyak, sementara yang lain berpengaruh pada kerontokan rambut, yang juga dapat memengaruhi keparahan jerawat. Ini menunjukkan bahwa faktor keturunan dapat memengaruhi risiko jerawat.

Selain gen, faktor keturunan lainnya juga dapat memengaruhi risiko jerawat. Ini termasuk gaya hidup, diet, dan faktor lingkungan. Orang yang memiliki orang tua atau saudara dekat dengan pola makan yang tidak sehat atau gaya hidup yang tidak sehat juga mungkin lebih rentan terhadap jerawat. Ini menunjukkan bahwa faktor keturunan dapat memengaruhi risiko jerawat, meskipun tidak ada bukti yang pasti yang menunjukkan bahwa faktor keturunan merupakan penyebab utama jerawat.

BACA JUGA:  Manfaat Night Cream HPAI untuk Jerawat

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap jerawat, dan faktor keturunan adalah salah satunya. Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa faktor keturunan adalah penyebab utama jerawat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor keturunan mungkin berperan penting dalam menentukan risiko jerawat. Ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki orang tua atau saudara dekat dengan jerawat mungkin lebih rentan terhadap jerawat, dan harus memperhatikan faktor ini ketika mencoba mengobati jerawat.

Kesimpulan

Tidak ada bukti yang pasti yang menunjukkan bahwa faktor keturunan adalah penyebab utama jerawat, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor keturunan mungkin berperan dalam menentukan risiko jerawat. Ini berarti bahwa orang dengan orang tua atau saudara dekat yang menderita jerawat mungkin lebih rentan terhadap jerawat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan faktor keturunan ketika mencoba mengobati jerawat.

VideoApakah Jerawat Faktor Keturunan?