Apakah Jahe Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Jahe Bisa Menghilangkan Jerawat?
Source: bing.com

Jerawat yang tak terhindarkan, pasti pernah menghampiri kita semua. Sudah menjadi hal yang lumrah terutama pada masa remaja, namun tak jarang jerawat juga mengganggu kehidupan dewasa. Berbagai macam cara telah dicoba, mulai dari obat kimia, pemakaian produk-produk kecantikan hingga memanfaatkan bahan alami. Salah satu bahan alami yang kerap diandalkan adalah jahe.

Jahe memiliki beragam manfaat kesehatan. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan hingga meningkatkan metabolisme. Jahe juga dikenal sejak lama sebagai obat alami. Masyarakat di berbagai belahan dunia bahkan menggunakannya untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk jerawat.

Manfaat Jahe untuk Jerawat

Jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu mengurangi bengkak dan radang. Kandungan ini juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih di area wajah. Selain itu, jahe juga memiliki daya anti-bakteri yang dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Kandungan antioksidan pada jahe juga bermanfaat untuk menghambat proses kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas. Selain itu jahe juga merupakan sumber vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya noda hitam akibat jerawat.

Cara Menggunakan Jahe untuk Jerawat

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk jerawat, anda dapat membuat ramuan jahe secara alami. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menumbuk jahe hingga halus dan campurkan air hangat sampai menjadi pasta. Oleskan ramuan ini pada wajah secara merata dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah anda hingga bersih dan lakukan secara teratur. Anda juga dapat menambahkan kunyit untuk mendapatkan hasil yang optimal.

BACA JUGA:  Cara Alami Agar Jerawat Cepat Kempas

Selain ramuan jahe, anda juga dapat mencampurkan jahe dengan madu atau yogurt. Cara membuatnya pun hampir sama, anda tinggal menumbuk jahe hingga halus dan campurkan dengan madu atau yogurt. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah anda hingga bersih dan lakukan secara teratur.

Efek Samping Jahe untuk Jerawat

Meskipun jahe dikenal sebagai bahan alami yang aman, namun ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Seperti mual, diare, sakit kepala hingga kulit yang terasa panas. Oleh karena itu, sebelum menggunakan jahe untuk jerawat, pastikan anda sudah melakukan tes sensitivitas terlebih dahulu. Dengan mengoleskan sedikit ramuan jahe pada area leher atau punggung, anda dapat memastikan apakah anda memiliki alergi terhadap bahan ini.

Selain itu, pastikan anda selalu memperhatikan waktu pemakaian dan jangan biarkan ramuan jahe pada wajah terlalu lama. Beberapa orang bahkan menyarankan untuk tidak menggunakan jahe pada kulit yang sensitif. Karena jahe dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif dan justru menimbulkan masalah baru.

Kesimpulan

Jahe memang kerap diandalkan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk untuk mengobati jerawat. Jahe memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan anda memperhatikan cara pemakaian dan waktu penggunaan. Jika anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bahan alami ini.

VideoApakah Jahe Bisa Menghilangkan Jerawat?