Apakah Isi Jerawat Harus Dikeluarkan?

Apakah Isi Jerawat Harus Dikeluarkan?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah yang umum dialami hampir semua orang. Kadang-kadang, jerawat yang muncul disertai dengan isi yang keras. Tanyakanlah pada diri sendiri, apakah isi jerawat perlu dikeluarkan?

Apa yang Menyebabkan Jerawat?

Jerawat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Kebanyakan jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebihan dari kelenjar minyak. Minyak ini menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Bakteri Propionibacterium acnes juga dapat menyebabkan jerawat. Bakteri ini hidup di kulit dan dapat menyebabkan peradangan di area yang terkena. Hal ini juga menyebabkan bintik-bintik merah dan ruam yang disebut jerawat.

Apa itu Isi Jerawat?

Isi jerawat adalah kombinasi sel-sel kulit mati, bakteri, dan minyak. Ini menghasilkan bentuk keras di permukaan kulit. Isi jerawat dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih parah, jadi penting untuk menghilangkan isi tersebut.

Apakah Isi Jerawat Harus Dikeluarkan?

Isi jerawat biasanya terlihat seperti bintik-bintik putih di permukaan jerawat. Terkadang, isi ini dapat diangkat dengan jari. Namun, ada beberapa alasan mengapa isi jerawat tidak perlu dikeluarkan.

Pertama, mencoba untuk mengeluarkan isi jerawat dapat menyebabkan iritasi dan peradangan lebih lanjut. Ini dapat membuat jerawat lebih parah dan membuatnya lebih sulit untuk disembuhkan. Jika Anda mencoba untuk mengeluarkan isi jerawat, pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan sabun dan air sebelumnya.

Kedua, mencoba untuk mengeluarkan isi jerawat juga dapat menyebabkan infeksi. Ketika Anda mencoba untuk mengeluarkan isi jerawat dengan jari Anda, Anda dapat menyebarkan bakteri ke area sekitarnya. Hal ini dapat mengakibatkan jerawat lebih parah atau bahkan jika Anda tidak hati-hati.

BACA JUGA:  Solusi Terbaik untuk Jerawat di Area Bibir

Bagaimana Cara Mengelolah Jerawat?

Untuk mengelola jerawat, Anda harus membuat rutinitas yang tepat. Rutinitas ini harus termasuk membersihkan kulit, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, pastikan untuk menggunakan produk perawatan yang khusus untuk kulit berminyak.

Anda juga harus menghindari menggosok atau menggaruk jerawat. Ini dapat membuat jerawat lebih parah dan membuatnya lebih sulit untuk disembuhkan. Jika Anda harus membersihkan jerawat, pastikan untuk menggunakan tangan Anda dengan lembut dan menggunakan produk yang disarankan oleh dokter.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembab setiap hari. Pelembab akan membantu menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Ini juga dapat membantu mencegah jerawat dan membuatnya lebih mudah untuk disembuhkan.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika jerawat Anda tidak dapat disembuhkan dengan rutinitas perawatan di rumah, mungkin saatnya untuk berobat ke dokter. Dokter akan dapat memberikan rekomendasi yang tepat untuk perawatan jerawat Anda. Mereka juga dapat memberikan obat atau suntikan untuk mengobati jerawat.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Isi jerawat biasanya terlihat seperti bintik-bintik putih di permukaan jerawat. Namun, ada beberapa alasan mengapa isi jerawat tidak perlu dikeluarkan. Untuk mengelola jerawat, pastikan untuk membersihkan kulit Anda secara teratur, menggunakan produk perawatan yang sesuai, dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Jika jerawat Anda tidak dapat disembuhkan dengan rutinitas perawatan di rumah, mungkin saatnya untuk berobat ke dokter.

VideoApakah Isi Jerawat Harus Dikeluarkan?