Apakah Hormon Penyebab Jerawat?

Apakah Hormon Penyebab Jerawat?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum di dunia dan dapat menyebabkan gangguan psikologis dan emosional. Jerawat dapat menyebabkan pengurangan kepercayaan diri dan kompleksitas yang berkepanjangan. Sebagian besar orang mencari cara untuk menyingkirkan jerawat dan mengontrol masalah kulit. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan jerawat adalah hormon. Kami akan menjelaskan apakah hormon penyebab jerawat ini.

Apa Itu Hormon?

Hormon adalah zat kimia yang dikeluarkan oleh sel-sel tubuh dan membantu mengatur fungsi tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin, yang terletak di seluruh tubuh. Beberapa hormon yang berpengaruh pada jerawat adalah testosteron, estrogen, progesteron, hormon pertumbuhan, kortisol, insulin, dan androgen.

Bagaimana Hormon Menyebabkan Jerawat?

Sebagian besar hormon memiliki efek pada sebum, yaitu cairan yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di kulit. Tingkat sebum berfluktuasi selama beberapa hari siklus menstruasi. Menstruasi dapat menyebabkan produksi sebum meningkat, menyebabkan kulit menjadi berminyak. Minyak berlebih dapat memicu jerawat.

Testosteron

Testosteron adalah hormon utama yang bertanggung jawab untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan seksual. Testosteron meningkatkan produksi sebum, yang dapat memperburuk jerawat. Testosteron juga dapat menyebabkan produksi sebum berlebih, yang dapat menyebabkan jerawat.

Estrogen

Estrogen adalah hormon yang terutama ditemukan pada wanita. Estrogen mengurangi produksi sebum, yang dapat membantu mengurangi jerawat. Namun, ketika hormon estrogen berfluktuasi, produksi sebum dapat meningkat, menyebabkan jerawat.

Progesteron

Progesteron adalah hormon yang meningkat selama masa subur. Ini adalah hormon yang menyebabkan produksi sebum berlebih, yang dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda mengalami jerawat yang parah selama masa subur, ini mungkin disebabkan oleh hormon progesteron.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat Hormon Hamil dan Cara Mengatasinya

Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis. Hormon ini dapat meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, orang yang memiliki masalah jerawat harus memeriksa tingkat hormon pertumbuhan mereka.

Kortisol

Kortisol adalah hormon stres yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Kortisol meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, orang yang mengalami stres berat atau depresi harus memeriksa tingkat kortisol mereka.

Insulin

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Insulin meningkatkan produksi sebum dan dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, orang yang menderita diabetes harus memeriksa tingkat insulin mereka.

Androgen

Androgen adalah hormon yang terutama ditemukan pada pria. Androgen meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, orang yang memiliki masalah jerawat harus memeriksa tingkat androgen mereka.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa hormon memiliki peran penting dalam menyebabkan jerawat. Beberapa hormon seperti testosteron, estrogen, progesteron, hormon pertumbuhan, kortisol, insulin, dan androgen dapat memicu jerawat. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa tingkat hormon Anda dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengontrol jerawat.

VideoApakah Hormon Penyebab Jerawat?