Apakah Bruntusan Termasuk Jerawat?

Apakah Bruntusan Termasuk Jerawat?
Source: bing.com

Pertanyaan apakah bruntusan termasuk jerawat atau tidak memang masih menjadi perdebatan panjang. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang kedua kondisi ini sebelum Anda menyimpulkan bahwa bruntusan adalah jerawat.

Apa Itu Bruntusan?

Bruntusan adalah istilah medis untuk kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Gejala utama dari bruntusan adalah bintik-bintik merah kecil di kulit. Bintik-bintik ini biasanya berbentuk lingkaran dan dapat berisi cairan atau nanah. Biasanya, bruntusan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau virus seperti herpes simpleks.

Apa Itu Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum di dunia. Jerawat biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, produksi minyak berlebih, dan infeksi bakteri. Gejala utama dari jerawat adalah lesi berbentuk bintik atau benjolan kecil di kulit. Lesi ini biasanya berwarna merah, putih, atau hitam. Jerawat juga dapat menyebabkan pembengkakan dan gatal-gatal pada kulit.

Apakah Perbedaan Antara Bruntusan dan Jerawat?

Ada beberapa perbedaan antara bruntusan dan jerawat. Pertama, bruntusan biasanya berbentuk lingkaran dengan cairan atau nanah di dalamnya, sementara jerawat biasanya berbentuk benjolan. Kedua, bruntusan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, sementara jerawat biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, produksi minyak berlebih, dan infeksi bakteri. Ketiga, bruntusan biasanya tumpul dan berwarna merah keabu-abuan, sementara jerawat biasanya berwarna merah, putih, atau hitam.

Apakah Bruntusan Termasuk Jerawat?

Meskipun kedua kondisi ini memiliki beberapa kesamaan, bruntusan dan jerawat adalah kondisi yang berbeda. Jerawat adalah masalah kulit yang umum, sedangkan bruntusan adalah infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan bintik-bintik merah kecil di kulit. Oleh karena itu, bruntusan bukanlah jerawat.

BACA JUGA:  YLEO Lemon Untuk Jerawat - Bagaimana Caranya?

Bagaimana Cara Mengatasi Bruntusan?

Jika Anda mengalami bruntusan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Pertama, hindari mengompres area yang terkena bruntusan. Kedua, gunakan sabun berbasis air untuk membersihkan kulit Anda. Ketiga, hindari menggaruk atau meremas bruntusan. Keempat, gunakan produk kulit yang tidak mengiritasi. Kelima, periksa ke dokter jika bruntusan Anda tidak kunjung sembuh.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat?

Untuk mengatasi jerawat, Anda harus membersihkan kulit Anda dengan sabun berbasis air. Anda juga harus mengurangi minyak dan keringkan kulit Anda dengan astringen. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk kulit yang tidak mengiritasi, seperti produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat jerawat jika Anda mengalami masalah jerawat parah.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bruntusan bukanlah jerawat. Kedua kondisi ini memiliki beberapa kesamaan, namun bruntusan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, sementara jerawat biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, produksi minyak berlebih, dan infeksi bakteri. Untuk mengatasi bruntusan, Anda harus menghindari mengompres area yang terkena bruntusan dan menggunakan produk kulit yang tidak mengiritasi. Sedangkan untuk mengatasi jerawat, Anda harus membersihkan kulit Anda dengan sabun berbasis air dan mengurangi produksi minyak di kulit Anda.

VideoApakah Bruntusan Termasuk Jerawat?