Apakah Boleh Memencet Jerawat Bernanah?

Apakah Boleh Memencet Jerawat Bernanah?
Source: bing.com

Jerawat bernanah adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dan menyebalkan. Jerawat bernanah adalah jerawat yang terisi oleh nanah atau pus dan biasanya disertai dengan rasa sakit dan gatal-gatal. Jerawat bernanah juga disebut dengan istilah lain seperti abses jerawat, jerawat eksaserbasi, atau jerawat nodul. Mereka lebih berbahaya dari jerawat biasa karena mereka lebih cenderung membentuk jaringan parut yang permanen. Jadi, apakah boleh memencet jerawat bernanah?

Apa yang Dapat Terjadi Jika Anda Memencet Jerawat Bernanah?

Memencet jerawat bernanah adalah yang paling tidak dianjurkan. Mengencet jerawat bernanah bisa membuat masalah kulit Anda semakin buruk. Memencet jerawat bernanah dapat menyebabkan infeksi yang lebih lanjut, menyebar ke daerah sekitarnya, dan memicu pertumbuhan jaringan parut. Ini juga dapat menghasilkan bekas luka atau bintik-bintik hitam di kulit Anda.

Selain itu, memencet jerawat bernanah juga dapat menyebabkan infeksi bakteri yang berbahaya. Infeksi ini bisa menyebar ke organ lain dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Jadi, jangan memencet jerawat bernanah karena hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Bernanah?

Memencet jerawat bernanah bukanlah cara yang tepat untuk mengatasinya. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat bernanah dan membuatnya sembuh. Pertama, Anda harus mencuci wajah Anda dengan sabun anti-jerawat setiap hari untuk membantu mengurangi minyak berlebih dan mengontrol infeksi. Kemudian, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat.

BACA JUGA:  Apakah Ponds Pure White Bisa Menghilangkan Jerawat?

Anda juga dapat menggunakan krim kortikosteroid untuk mengurangi kemerahan, gatal, dan ruam yang disebabkan oleh jerawat bernanah. Selain itu, Anda juga disarankan untuk meminum banyak cairan untuk menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi risiko infeksi. Dan, terakhir, Anda juga harus menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan jerawat bernanah menjadi lebih buruk seperti menggosok wajah Anda secara berlebihan.

Apa yang Dapat Dilakukan Jika Jerawat Bernanah Sudah Terlalu Parah?

Jika jerawat bernanah Anda sudah terlalu parah, Anda mungkin harus mencari bantuan dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit dapat memberikan perawatan yang tepat untuk masalah kulit Anda. Mereka dapat menggunakan obat-obatan topikal atau suntik steroid untuk mengurangi inflamasi dan mengurangi risiko infeksi. Jika masalah kulit Anda masih berlanjut, dokter spesialis kulit juga dapat meresepkan obat antibiotik atau obat-obatan lain untuk membantu mengatasi masalah jerawat bernanah Anda.

Apa Saja yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Jerawat Bernanah?

Untuk mencegah jerawat bernanah, Anda harus menjaga kebersihan wajah Anda dengan rutin. Usahakan untuk mencuci wajah Anda setiap hari dengan sabun anti-jerawat untuk mengurangi minyak berlebih dan mengontrol infeksi. Selain itu, Anda juga harus menghindari aktivitas yang dapat memicu jerawat seperti menggosok wajah Anda, menggunakan produk perawatan kulit yang berminyak, atau berdandan berlebihan.

Selain itu, Anda juga harus menerapkan rutinitas perawatan kulit yang tepat. Rutinitas ini harus mencakup menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, dan minum cukup air. Dengan melakukan rutinitas ini, Anda dapat mencegah jerawat bernanah dan masalah kulit lainnya.

Kesimpulan

Beberapa orang mungkin tertarik untuk memencet jerawat bernanah untuk mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal. Namun, memencet jerawat bernanah bukanlah cara yang tepat untuk menyembuhkan masalah kulit Anda. Memencet jerawat bernanah dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah dan membuat masalah kulit Anda semakin buruk. Sebaiknya, Anda mencari bantuan dokter spesialis kulit jika jerawat bernanah Anda sudah terlalu parah. Dan, Anda juga harus menerapkan rutinitas perawatan kulit yang tepat untuk mencegah jerawat bernanah.

BACA JUGA:  Manfaat Benzoil Peroxide untuk Mengobati Jerawat

VideoApakah Boleh Memencet Jerawat Bernanah?