Apakah Begadang Bisa Menimbulkan Jerawat?

Apakah Begadang Bisa Menimbulkan Jerawat?
Source: bing.com

Begadang bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan, apalagi bagi mereka yang suka memanfaatkan waktu malam untuk berkreasi, menonton film, membaca, atau bersosialisasi. Namun, tahukah Anda bahwa begadang juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk jerawat?

Walaupun Anda memang belum pernah mendengar begadang bisa menimbulkan jerawat, bukan berarti begadang tidak memiliki kaitannya dengan jerawat. Berikut beberapa bukti ilmiah yang bisa membantu Anda memahami bagaimana begadang berhubungan dengan jerawat.

Kaitan Begadang dan Jerawat

Penelitian telah membuktikan bahwa begadang dapat menyebabkan perubahan pada hormon yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Saat Anda berkurang tidur, tubuh Anda akan melepaskan hormon stres kortisol, yang dapat meningkatkan produksi minyak di wajah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, begadang juga dapat menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih rentan terhadap infeksi kulit.

Selain itu, begadang dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah ketika tubuh Anda kehilangan cairan lebih dari yang dibutuhkan. Ini dapat menyebabkan kulit kering dan rusak, dan dapat meningkatkan risiko jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Akibat Begadang

Untuk mencegah jerawat yang disebabkan oleh begadang, Anda harus mencoba untuk tidur dalam waktu yang cukup. Dokter menyarankan agar orang dewasa tidur sekitar delapan jam setiap malam. Anda juga harus menghindari begadang, dan mencoba untuk tidur dengan jam yang sama setiap malam.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menjaga kebersihan wajah Anda dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Anda harus membersihkan wajah Anda setiap hari dengan sabun yang ringan, dan menggunakan produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit Anda. Anda juga harus menghindari menggosok wajah Anda karena hal ini dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

BACA JUGA:  Masker Oatmeal untuk Bekas Jerawat

Anda juga harus menjaga pola makan sehat dan menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula. Ini akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan mencegah jerawat. Anda juga harus minum banyak air setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembab dan mencegah dehidrasi.

Kesimpulan

Begadang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Anda harus mencoba untuk tidur dengan jam yang sama setiap malam, menjaga kebersihan kulit, dan makan makanan yang sehat untuk mencegah jerawat akibat begadang. Namun, jika Anda sudah mengalami jerawat, Anda dapat meminta bantuan dokter untuk memutuskan apa yang harus dilakukan.

Kesimpulan

Begadang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk jerawat. Untuk menghindari jerawat akibat begadang, Anda harus memastikan bahwa Anda tidur dengan jam yang sama setiap malam, menjaga kebersihan wajah, menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula, dan minum banyak air setiap hari. Jika Anda sudah mengalami jerawat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

VideoApakah Begadang Bisa Menimbulkan Jerawat?