Mengecilkan Jerawat: Apa yang Harus Dilakukan?

Mengecilkan Jerawat: Apa Yang Harus Dilakukan?
Source: bing.com

Mengalami jerawat adalah hal yang lumrah terjadi pada hampir semua orang. Meskipun tidak semua orang mengalami jerawat dengan parah, tetapi masih ada yang mengalami jerawat yang cukup parah. Untuk orang yang mengalami jerawat yang parah, saya tahu bahwa Anda sangat ingin mengetahui bagaimana cara mengecilkan jerawat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan jerawat.

1. Memperbaiki Pola Makan dan Minuman

Pola makan dan minuman yang tidak sehat adalah salah satu penyebab utama jerawat. Makanan yang kaya karbohidrat, lemak, dan gula dapat meningkatkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan jerawat. Anda harus menghindari makanan yang berlemak dan bergula, serta minuman yang memiliki kandungan kafein tinggi, alkohol, dan gula tinggi. Selain itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B5, vitamin E, dan asam amino, karena ini dapat membantu mengurangi minyak di wajah dan mengurangi jerawat.

2. Memilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Ketika Anda memilih produk perawatan kulit, pastikan untuk memilih produk yang cocok dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, carilah produk yang mengandung lebih banyak minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Jika Anda memiliki kulit berminyak, carilah produk yang mengandung bahan-bahan seperti ekstrak lidah buaya, salicylic acid, atau tea tree oil yang dapat membantu mengurangi minyak di wajah. Pastikan juga untuk mencari produk yang tidak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat merusak kulit Anda.

BACA JUGA:  Obat Jerawat yang Aman untuk Bumil

3. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika Anda ingin mengecilkan jerawat. Pastikan untuk membersihkan wajah setiap hari pada pagi hari dan malam hari dengan menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga harus menghindari menggosok wajah terlalu keras karena hal ini dapat membuat wajah menjadi lebih berminyak dan merangsang pertumbuhan jerawat.

4. Menghindari Stres

Stres adalah salah satu penyebab utama jerawat. Kebanyakan orang yang mengalami stres memiliki tingkat hormon kortisol yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Hal ini dapat memperburuk jerawat. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk mencoba berolahraga secara teratur dan mencari cara untuk mengurangi stres seperti meditasi atau yoga. Juga, cobalah untuk menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan stres, seperti menghabiskan waktu di depan layar komputer terlalu lama.

5. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari dapat memburuk jerawat. Sinar UV dapat meningkatkan produksi minyak di wajah, sehingga memicu timbulnya jerawat. Pastikan untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi. Juga, cobalah untuk menghindari aktivitas di luar ruangan yang berlebihan ketika sinar matahari terlalu kuat.

6. Menghindari Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama jerawat. Polusi udara yang dihasilkan dari asap rokok dapat menyebabkan iritasi kulit, dan ini dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, kandungan nikotin dalam asap rokok juga dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Jadi, pastikan untuk menghindari merokok untuk mencegah jerawat.

7. Menggunakan Masker Wajah Secara Teratur

Masker wajah adalah cara yang bagus untuk membersihkan wajah dan mengurangi produksi minyak di wajah. Anda bisa memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Masker wajah yang berbahan dasar clay atau argile bisa membantu menyerap minyak dan mengurangi jerawat. Selain itu, masker wajah yang mengandung bahan-bahan seperti ekstrak lidah buaya, asam salisilat, dan tea tree oil dapat membantu mengurangi jerawat.

BACA JUGA:  Produk Drugstore Penghilang Bekas Jerawat

8. Menggunakan Topikal

Kadang-kadang, Anda mungkin perlu menggunakan produk topikal untuk mengatasi jerawat. Produk topikal seperti gel, krim, atau lotion yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, dan glycolic acid dapat membantu mengurangi jerawat. Juga, krim atau lotion yang mengandung retinoid dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah dan mengurangi jerawat.

9. Melakukan Perawatan Dokter

Jika Anda mengalami jerawat yang parah, mungkin Anda perlu melakukan perawatan dokter. Ada beberapa perawatan dokter yang dapat membantu mengurangi jerawat, seperti penyemprotan antibiotik, penyemprotan retinoid, dan pengelupasan kulit. Jika Anda memilih untuk melakukan perawatan dokter, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai perawatan.

Kesimpulan

Mengalami jerawat adalah hal yang lumrah, tetapi Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengecilkan jerawat. Cara-cara yang disebutkan di atas, seperti memperbaiki pola makan dan minum, memilih produk perawatan kulit yang tepat, membersihkan wajah secara teratur, menghindari stres, menghindari paparan sinar matahari,

VideoMengecilkan Jerawat: Apa yang Harus Dilakukan?