Apa Tandanya Kalau Ada Jerawat?

Apa Tandanya Kalau Ada Jerawat?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang. Bahkan orang-orang yang memiliki kulit yang terawat pun sering mengalami jerawat. Jerawat dapat muncul di wajah, leher, punggung, dan bahkan di bagian tubuh lainnya. Ini dapat menyebabkan kecemasan dan rasa malu.

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengetahui tanda-tanda awal adanya jerawat. Namun, ada beberapa cara untuk mengenali tanda-tanda bahwa kulit anda mulai mengalami jerawat. Pada artikel ini, kami akan mengulas secara lebih rinci tentang apa tandanya kalau ada jerawat.

1. Bintik-bintik kecil berwarna merah

Ini adalah tanda pertama bahwa kulit anda mulai mengalami jerawat. Bintik-bintik kecil berwarna merah adalah tanda awal pembentukan jerawat. Bintik-bintik ini dapat terasa gatal, nyeri, atau bahkan perih. Jika anda menemukan bintik-bintik ini maka segeralah lakukan perawatan kulit untuk mencegah jerawat semakin parah.

2. Pembengkakan di wajah

Pembengkakan di wajah juga merupakan tanda bahwa jerawat sedang tumbuh. Pembengkakan ini biasanya disebabkan oleh peradangan yang disertai dengan infeksi bakteri. Pembengkakan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal di wajah. Anda harus segera melakukan perawatan kulit ketika menemukan pembengkakan di wajah.

3. Bintik hitam di wajah

Bintik hitam di wajah juga bisa menjadi tanda bahwa anda mulai mengalami jerawat. Bintik hitam ini disebabkan oleh komedo yang merupakan hasil dari minyak berlebih dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Jika anda menemukan bintik hitam ini maka segeralah melakukan perawatan kulit agar tidak menjadi jerawat.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Wajah Gatal karena Jerawat

4. Terbentuknya benjolan di wajah

Ini adalah salah satu tanda yang paling nyata bahwa kulit anda mulai mengalami jerawat. Benjolan ini disebut dengan molekul berminyak dan biasanya disertai dengan rasa sakit dan gatal. Jika anda menemukan benjolan ini maka segeralah melakukan perawatan kulit agar tidak menjadi jerawat.

5. Perubahan warna di wajah

Perubahan warna di wajah juga merupakan tanda bahwa kulit anda mulai mengalami jerawat. Perubahan warna ini dapat bervariasi tergantung pada jenis jerawat yang anda alami. Perubahan warna ini dapat berupa warna merah, hitam, atau bahkan putih. Jika anda menemukan perubahan warna ini maka segeralah lakukan perawatan kulit.

6. Terbentuknya kantung berisi cairan di wajah

Kantung berisi cairan di wajah juga merupakan salah satu tanda bahwa anda mulai mengalami jerawat. Kantung cairan ini biasanya berisi nanah dan cairan berbau. Jika anda menemukan kantung cairan ini maka segeralah lakukan perawatan kulit untuk mencegah jerawat semakin parah.

7. Rasa sakit dan gatal

Rasa sakit dan gatal di wajah juga bisa menjadi tanda bahwa anda mulai mengalami jerawat. Rasa sakit dan gatal ini disebabkan oleh bintik-bintik kecil yang tumbuh di wajah. Jika anda merasakan rasa sakit dan gatal ini maka segeralah melakukan perawatan kulit untuk mencegah jerawat semakin parah.

8. Kulit menjadi kering dan pecah-pecah

Kulit yang kering dan pecah-pecah juga bisa menjadi tanda bahwa anda mulai mengalami jerawat. Kulit akan menjadi kering dan pecah-pecah jika anda terlalu sering membersihkan atau menggosok wajah. Jika anda menemukan kulit yang kering dan pecah-pecah ini maka segeralah lakukan perawatan kulit untuk mencegah jerawat semakin parah.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat di Bawah Hidung

9. Terbentuknya bintik putih di wajah

Bintik putih di wajah juga bisa menjadi tanda bahwa anda mulai mengalami jerawat. Bintik putih ini disebabkan oleh nanah yang terbentuk di wajah. Jika anda menemukan bintik putih ini maka segeralah lakukan perawatan kulit untuk mencegah jerawat semakin parah.

10. Terbentuknya bekas jerawat

Bekas jerawat juga bisa menjadi tanda bahwa anda pernah mengalami jerawat. Bekas jerawat biasanya berupa bintik-bintik hitam atau bintik-bintik merah di wajah. Jika anda menemukan bekas jerawat ini maka segeralah lakukan perawatan kulit untuk mencegah jerawat semakin parah.

Kesimpulan

Itulah beberapa tanda bahwa anda mulai mengalami jerawat. Tidak semua orang mengalami semua tanda tersebut, namun jika anda menemukan salah satu atau lebih dari tanda-tanda tersebut maka segeralah lakukan perawatan kulit untuk mencegah jerawat semakin parah. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk mencegah jerawat muncul kembali.

VideoApa Tandanya Kalau Ada Jerawat?