Apa itu Putih Putih pada Jerawat?

Apa Itu Putih Putih Pada Jerawat?
Source: bing.com

Putih putih pada jerawat adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Putih putih ini dapat muncul di wajah, leher, punggung, dan bagian tubuh lainnya. Kondisi ini dikenal sebagai komedo, dan dapat muncul dalam berbagai bentuk. Komedo adalah suatu kondisi yang umum terjadi pada remaja dan dewasa muda. Meskipun komedo adalah kondisi yang umum, tidak semua orang yang mengalaminya akan mengalami kondisi putih putih pada jerawat.

Mengapa Putih Putih Muncul Pada Jerawat?

Putih putih pada jerawat disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Pori-pori tersumbat ini dapat menyebabkan sel kulit mati, lemak, dan kotoran menumpuk. Ketika kotoran ini menumpuk, bakteri Staphylococcus aureus mulai berkembang biak di pori-pori yang tersumbat tersebut. Bakteri ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat menjadi merah dan mengeluarkan nanah. Akhirnya, nanah ini mengering dan mengendap menjadi putih putih.

Komplikasi yang Dapat Ditimbulkan Putih Putih Pada Jerawat

Putih putih pada jerawat dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati dengan benar. Komplikasi yang dapat terjadi antara lain: infeksi sekunder, jaringan parut, dan kemerahan. Infeksi sekunder dapat terjadi jika nanah tidak dikeluarkan dengan benar. Jaringan parut dapat menyebabkan kulit menjadi memerah dan terasa gatal. Kemerahan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Cara Mengatasi Putih Putih Pada Jerawat

Untuk mengatasi putih putih pada jerawat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, hindari menyentuh atau menggaruk kulit yang terkena jerawat. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri semakin parah. Kedua, gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk perawatan kulit yang berbasis kimia dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi bakteri. Ketiga, gunakan obat-obatan yang diresepkan dokter secara teratur. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri yang menyebabkan putih putih pada jerawat.

BACA JUGA:  Solusi Terbaik Obat Jerawat Di Apotik Pil

Tips Perawatan Kulit untuk Mencegah Putih Putih Pada Jerawat

Untuk mencegah putih putih pada jerawat, ada beberapa tips perawatan kulit yang dapat dilakukan. Pertama, hindari menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya. Kedua, selalu cuci wajah setiap hari dengan air bersih. Ketiga, gunakan pelembab wajah sebelum tidur. Keempat, hindari menggunakan bedak yang mengandung pewarna dan bahan berbahaya. Kelima, selalu gunakan topeng wajah saat beraktivitas di luar ruangan. Keenam, hindari merokok dan minum alkohol.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda mengalami putih putih pada jerawat yang berat, sebaiknya berobat ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat yang tepat untuk mengobati putih putih pada jerawat. Dokter juga dapat memberikan saran tentang cara perawatan kulit yang tepat dan produk perawatan yang aman untuk digunakan. Jika putih putih pada jerawat Anda disertai dengan rasa sakit atau ruam, segera berobat ke dokter.

Kesimpulan

Putih putih pada jerawat adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, hindari menyentuh atau menggaruk kulit yang terkena jerawat. Kedua, gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ketiga, gunakan obat-obatan yang diresepkan dokter secara teratur. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Jika gejala putih putih pada jerawat Anda berat, segera berobat ke dokter.

VideoApa itu Putih Putih pada Jerawat?