Apa Penyebab Terjadinya Jerawat di Wajah?

Apa Penyebab Terjadinya Jerawat Di Wajah?
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dijumpai. Masalah jerawat bisa dialami oleh orang dari semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jerawat bisa jadi sumber masalah besar bagi seseorang, karena dapat menimbulkan perasaan malu dan tidak percaya diri. Jerawat di wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, terutama faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal Penyebab Jerawat

Faktor internal penyebab jerawat terutama berasal dari dalam tubuh. Beberapa penyebab jerawat yang berasal dari faktor internal ini antara lain:

  • Gangguan hormon. Gangguan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan jerawat.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang terganggu dapat meningkatkan produksi sebum, yang menyebabkan jerawat.
  • Gangguan sistem pencernaan. Gangguan sistem pencernaan dapat menyebabkan produksi sebum berlebih, yang menyebabkan jerawat.
  • Kurangnya asupan vitamin. Kurangnya asupan vitamin dapat menyebabkan gangguan hormon, sistem kekebalan tubuh, dan sistem pencernaan, yang semuanya berkontribusi dalam timbulnya jerawat.

Faktor Eksternal Penyebab Jerawat

Faktor eksternal yang dapat menyebabkan jerawat di wajah juga banyak. Beberapa contoh faktor eksternal penyebab jerawat diantaranya adalah:

  • Kontak dengan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dapat menyebabkan iritasi pada kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Kontak dengan sinar matahari. Sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi, yang berujung pada jerawat.
  • Kontak dengan debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menempel pada wajah dapat memicu peradangan pada kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.
BACA JUGA:  Serum Jerawat Terbaik di Dunia

Cara Mengatasi Jerawat di Wajah

Mengatasi jerawat di wajah tidaklah mudah. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebab jerawat itu sendiri. Setelah mengetahui penyebab jerawat, barulah kita bisa mencari cara untuk mengatasi jerawat tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat di wajah:

  • Menjaga kebersihan wajah. Memastikan wajah tetap bersih dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah.
  • Memilih produk kosmetik yang berkualitas. Perlu diingat untuk selalu memilih produk kosmetik yang berkualitas dan bebas dari bahan berbahaya.
  • Menjaga kelembaban kulit wajah. Menjaga agar kulit wajah tetap lembab dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat di wajah.
  • Mengurangi paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi, yang berujung pada jerawat.
  • Mengonsumsi makanan sehat. Memastikan asupan vitamin dan mineral yang cukup dapat membantu mencegah jerawat di wajah.
  • Menjaga pola hidup sehat. Menjaga pola hidup sehat dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah.

Kesimpulan

Jerawat di wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk mengatasi jerawat di wajah, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Setelah penyebab jerawat diketahui, barulah kita bisa mencari cara untuk mengatasinya. Dengan melakukan hal-hal seperti menjaga kebersihan wajah, memilih produk kosmetik yang berkualitas, dan menjaga pola hidup sehat, kita dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat di wajah.

VideoApa Penyebab Terjadinya Jerawat di Wajah?