Apa Penyebab Jerawat Meradang?

Apa Penyebab Jerawat Meradang?
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya jerawat hanya berupa benjolan kecil di wajah, namun terkadang jerawat bisa menjadi lebih meradang. Hal ini dapat menyebabkan sakit, gatal, dan juga bengkak. Apa yang menyebabkan jerawat menjadi meradang dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa Penyebab Jerawat Meradang?

Jerawat meradang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor utama yang menyebabkan jerawat meradang adalah minyak berlebihan yang diproduksi oleh kelenjar sebum. Ketika minyak menumpuk di pori-pori, ini menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Bakteri dapat menyebar di pori-pori dan menyebabkan jerawat meradang.

Keradangan Selain Bakteri

Selain bakteri, beberapa jenis infeksi lainnya juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Misalnya, jamur dapat menyebabkan jerawat berair dan berbintik-bintik. Alergi tertentu juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Gejala alergi dapat berupa kemerahan, gatal, dan bengkak.

Faktor Eksternal

Selain faktor internal, faktor eksternal juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Faktor eksternal ini meliputi paparan sinar matahari yang berlebihan, menggunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan kimia, kurang tidur, dan kurang minum air putih. Semua faktor eksternal ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan menyebabkan jerawat menjadi meradang.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Untuk mengatasi jerawat meradang, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan hindari produk skincare yang mengandung bahan-bahan kimia. Pastikan Anda menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai, dan hindari menggosok wajah dengan kuat. Anda juga harus cukup tidur dan minum air putih untuk menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA:  Apa yang Dapat Anda Lakukan Tentang Jerawat di Sekitar Puting?

Pengobatan Medis

Jika Anda merasa bahwa jerawat Anda sudah tidak terkontrol dengan cara-cara di atas, Anda harus mengunjungi dokter kulit. Dokter kulit akan menilai keadaan kulit Anda dan memberikan pengobatan yang tepat. Pengobatan medis yang paling umum digunakan untuk mengobati jerawat meradang adalah obat-obatan topikal, seperti krim, salep, dan obat-obatan lainnya. Beberapa obat-obatan oral juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat meradang.

Kesimpulan

Jerawat meradang adalah masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat meradang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti minyak berlebihan, infeksi bakteri, jamur, alergi, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan produk skincare yang mengandung bahan-bahan kimia. Untuk mengatasi jerawat meradang, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda dan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika masalah jerawat Anda tidak terkontrol dengan cara-cara di atas, Anda harus mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

VideoApa Penyebab Jerawat Meradang?