Apa yang Menyebabkan Jerawat karena Begadang?

Apa Yang Menyebabkan Jerawat Karena Begadang?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum. Banyak orang mengalaminya, terutama di masa pubertas. Beberapa orang masih mengalami jerawat di usia dewasa. Beberapa faktor yang dapat memicu jerawat, salah satunya adalah begadang. Bagaimana begadang menyebabkan jerawat? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Begadang?

Begadang adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kurangnya tidur atau tidur yang tidak cukup. Orang yang begadang mungkin tidur selama kurang dari tujuh jam per malam, atau mungkin tidur di waktu yang berbeda dari waktu normal. Banyak orang yang memilih untuk begadang untuk menyelesaikan pekerjaan atau bersenang-senang dalam waktu yang terbatas.

Bagaimana Begadang bisa Menyebabkan Jerawat?

Kurangnya tidur yang dihasilkan oleh begadang dapat menyebabkan stres. Stres dapat meningkatkan produksi hormon seperti kortisol. Tingginya kadar kortisol dapat memicu produksi minyak pada kulit, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit kering, yang merupakan masalah lain yang dapat memicu jerawat.

Selain itu, begadang juga dapat meningkatkan risiko infeksi kulit. Ketika kulit kita tidur, tubuh kita mulai memproduksi hormon yang disebut melatonin. Melatonin membantu tubuh kita meregenerasi dan melawan infeksi. Jadi, ketika Anda begadang, Anda tidak menghasilkan cukup melatonin, yang meningkatkan risiko infeksi kulit dan jerawat.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat yang Disebabkan oleh Begadang?

Untuk mencegah jerawat yang disebabkan oleh begadang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, cobalah untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Hal ini akan membantu tubuh Anda meregenerasi dan menghasilkan melatonin yang diperlukan untuk menjaga kulit Anda sehat. Selain itu, hindari menggunakan produk kulit yang mengandung bahan kimia yang kuat. Ini dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Punya Banyak Jerawat, Mimpi Apa yang Akan Anda Dapatkan?

Juga, pastikan untuk mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari. Jangan lupa untuk melakukan exfoliasi secara teratur untuk membantu membersihkan pori-pori Anda. Selain itu, pastikan untuk minum cukup air, yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap lembab dan sehat. Akhirnya, pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, yang dapat membantu mencegah jerawat.

Apa yang Harus Dilakukan jika Jerawat Sudah Muncul?

Jika Anda sudah mengalami jerawat, cobalah untuk tidak menghisap atau menekan jerawat tersebut. Hal ini dapat membuat jerawat semakin parah. Sebaliknya, cobalah untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Juga, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk meminta saran tentang produk perawatan kulit yang tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Begadang dapat menyebabkan jerawat karena begadang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit, menyebabkan kulit kering, dan meningkatkan risiko infeksi kulit. Untuk mencegah jerawat akibat begadang, pastikan Anda tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam, hindari menggunakan produk kulit yang mengandung bahan kimia yang kuat, dan pastikan untuk mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari. Jika Anda sudah mengalami jerawat, cobalah untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan saran tentang produk perawatan kulit yang tepat untuk Anda.

VideoApa yang Menyebabkan Jerawat karena Begadang?