Kenali Akibat Jerawat yang Terjadi Jika Anda Pernah Mencetnya

Kenali Akibat Jerawat Yang Terjadi Jika Anda Pernah Mencetnya
Source: bing.com

Jerawat adalah kondisi yang biasa terjadi pada semua orang. Bisa terjadi di mana saja di tubuh, baik di wajah, leher, hingga punggung. Jerawat biasanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih, masalah kulit, dan bakteri. Walaupun biasanya tidak berbahaya, namun jika jerawat tidak ditangani dengan benar, bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Kadang-kadang, kita sangat gatal untuk mencet jerawat dan mencoba menghilangkannya. Namun, mencet jerawat malah bisa membuat masalah semakin parah. Jika Anda mencet jerawat, bisa menyebabkan bekas luka parah, infeksi, dan peradangan. Akibat jerawat yang Anda alami bisa lebih buruk jika Anda tidak mengetahui cara menangani jerawat dengan benar.

Akibat Jerawat yang Bisa Anda Alami Jika Mencetnya

Ketika Anda mencet jerawat, beberapa komplikasi bisa terjadi. Berikut beberapa akibat jerawat yang bisa Anda alami jika Anda mencetnya:

1. Infeksi Bakteri

Ketika Anda mencet jerawat, mikroorganisme berbahaya seperti bakteri dapat masuk ke dalam pori-pori kulit. Ini berarti bahwa bakteri akan tumbuh dengan cepat dan menyebabkan infeksi pada kulit. Infeksi bakteri bisa menyebabkan ruam merah, kulit gatal, dan bengkak. Hal ini juga bisa menyebabkan bekas luka dan bintik hitam yang merupakan akibat jerawat yang tidak menyenangkan.

2. Peradangan

Mencet jerawat juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Peradangan ini bisa menyebabkan kulit berubah menjadi merah, terasa gatal, dan bengkak. Peradangan ini juga bisa menyebabkan bekas luka dan meningkatkan risiko infeksi bakteri. Ini juga bisa menyebabkan jerawat yang lebih parah jika tidak segera diobati.

BACA JUGA:  Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

3. Bekas Luka

Bekas luka adalah akibat jerawat yang paling umum. Bekas luka bisa muncul di mana saja di tubuh ketika Anda mencet jerawat. Bekas luka ini bisa menjadi lebih buruk jika Anda tidak menangani jerawat dengan benar dan terus mencetnya. Bekas luka juga bisa menyebabkan bintik hitam atau bintik putih di wajah.

4. Perubahan Warna Kulit

Mencet jerawat juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit. Perubahan warna kulit bisa terjadi karena infeksi bakteri atau peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Perubahan warna kulit ini biasanya berupa bintik hitam atau bintik putih di wajah. Akibat jerawat lainnya adalah kulit berminyak atau berjerawat yang lebih parah.

Cara Mencegah Bekas Luka dan Akibat Jerawat Lainnya

Untuk mencegah akibat jerawat yang disebabkan oleh mencet jerawat, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda. Penting untuk membersihkan wajah Anda dengan menggunakan produk khusus untuk jerawat. Anda juga harus rutin menggunakan pelembab dan tabir surya untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan terlindungi dari sinar matahari. Jika Anda sudah memiliki jerawat, Anda harus berhati-hati saat menyentuhnya. Anda harus mencoba untuk tidak mencetnya dan segera mencari bantuan medis jika Anda memiliki jerawat yang parah.

Kesimpulan

Mencet jerawat bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti infeksi bakteri, peradangan, bekas luka, dan perubahan warna kulit. Untuk mencegah akibat jerawat yang disebabkan oleh mencet jerawat, Anda harus menjaga kebersihan kulit Anda. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati saat menyentuh jerawat dan segera meminta bantuan medis jika Anda memiliki jerawat yang parah.

VideoKenali Akibat Jerawat yang Terjadi Jika Anda Pernah Mencetnya