AHA dan BHA untuk Jerawat

Aha Dan Bha Untuk Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang menjadi salah satu gangguan kulit yang paling umum. Menurut American Academy of Dermatology, hampir setengah orang dewasa Amerika mengalami jerawat. Dengan menggunakan bahan kimia tertentu, kulit Anda dapat dibersihkan dan kondisinya dapat diperbaiki. Salah satu cara yang paling populer dan efektif untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakan AHA dan BHA.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah asam hidroksi alfa. Ini adalah asam yang terdiri dari senyawa kimia yang berasal dari buah-buahan dan gula. AHA berfungsi untuk melembutkan dan mengangkat sel kulit mati, serta membantu mengurangi garis-garis halus dan keriput pada wajah. Beberapa jenis AHA yang umum digunakan adalah asam glikolat, asam laktat, asam malat, asam ascorbat, dan asam jaluronat.

BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah asam hidroksi beta. Ini adalah asam yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih. Asam salisilat adalah jenis BHA yang paling umum digunakan. Ini dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

AHA dan BHA dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti toner, gel, dan pelembab. AHA dan BHA juga dapat digunakan bersama-sama untuk memberikan hasil yang lebih efektif dalam mengobati jerawat. Namun, Anda harus menyadari bahwa kedua asam ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Untuk menggunakan AHA dan BHA untuk mengobati jerawat, mulailah dengan mencuci wajah Anda dengan sabun wajah yang sesuai. Setelah itu, aplikasikan produk AHA atau BHA pada wajah Anda menggunakan jari atau kapas. Anda juga dapat menggunakan krim atau gel yang mengandung AHA atau BHA. Biarkan produk tersebut menyerap ke dalam kulit selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:  Macam Macam Jerawat di Hidung dan Cara Mengatasinya

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus menggunakan AHA dan BHA secara teratur. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tercantum pada produk untuk memastikan bahwa Anda tidak menggunakan produk terlalu sering. Anda juga harus menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Kesimpulan

AHA dan BHA adalah komponen penting dalam rutinitas perawatan kulit yang efektif. Ini dapat membantu mengurangi jerawat dan membuat wajah Anda terlihat lebih bersih dan bercahaya. Namun, Anda harus selalu berhati-hati saat menggunakan produk ini, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan terlalu sering atau dalam jumlah yang berlebihan.

VideoAHA dan BHA untuk Jerawat